Abdi dalem melakukan prosesi menguras enceh (gentong) di kompleks Makam Raja Mataram, Imogiri, Bantul, Yogyakarta, Jumat (7/11). Prosesi yang dipadati warga tersebut untuk menguras, mencuci dan mengisi kembali empat enceh di depan pintu masuk makam pada Jumat Kliwon, bulan Muharram oleh abdi dalem Kasultanan Ngayogyakarta dan Kasunanan Surakarta yang bermakna membuang perbuatan jelek dan menggantinya dengan kebaikan. ANTARA FOTO/HO/Muzakir/Nov/Rei/Spt/14

Kirab Budaya Imogiri adalah prosesi mapak dan ngarak siwur yang diselenggarakan dalam rangka Upacara Nguras Enceh. Tahun ini Kirab Budaya Imogiri akan dilaksanakan pada Kamis, 21 September 2017 mulai jam 13.00 WIB. Kirab Budaya ini akan dimulai dari Terminal Imogiri menuju Terminal Pajimatan. Berbagai kelompok masyarakat dan seni akan meramaikan kirab budaya ini.

Esok harinya, Jumat 22 September 2017 mulai jam 08.00 WIB dilaksanakan Upacara Nguras Enceh di Komplek Makam Raja-raja Mataram di Imogiri. Prosesi ini akan dilaksanakan oleh para abdi dalem dari Kasultanan Ngayogyakarta dan Kasunanan Surakarta.

Sumber: Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul

Sumber Foto: http://aengaeng.com

Peta Lokasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here