Pantai Parangtritis merupakan salah satu landmark wisata Yogyakarta. Pantai yang terkenal dengan keindahan matahari terbenamnya ini berada di Kabupaten Bantul bagian selatan yang berjarak sekitar 27 km dari pusat Kota Yogyakarta. Aksesnya pun cukup mudah dan bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Selain dikenal sebagai salah satu tempat berburu sunset di Jogja, Pantai Parangtritis juga sangat lekat dengan mitos Nyi Roro Kidul atau Ratu Pantai Selatan. Konon Pantai Parangtritis ini merupakan gerbang kerajaan gaib Nyi Roro Kidul.

Pantai Parangtritis sama seperti jajaran pantai selatan lainnya dimana pengunjung dilarang untuk berenang karena arus laut selatan yang cukup kuat. Meski begitu, pengunjung masih bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan di Pantai Parangtritis. Pengunjung bisa menyewa ATV (All Terrain Vehicle) yang ada di pinggir pantai dengan tarif sekitar Rp. 50.000 – 100.000 per 30 menit. Pengunjung juga bisa menikmati keindahan Pantai Parangtritis dengan menaiki kuda menelusuri pantai. Bagi yang hanya ingin menikmati semilir angin laut, banyak persewaan menawarkan tikar dan payung di sepanjang pesisir yang bisa digunakan untuk bersantai.

Fasilitas pengunjung di Pantai Parangtritis sudah sangat lengkap, mulai dari parkir luas, mushala, aula pertemuan, kamar mandi, warung makan, dan penginapan. Selain itu disini juga terdapat posko SAR untuk menunjang keamanan bagi pengunjung.

Lokasi Pantai Parangtritis berada di Kabupaten Bantul bagian selatan. Untuk menuju kesini sangat mudah. Dari Pusat Kota Yogyakarta, pengunjung bisa ambil Jalan Parangtrits, kemudian ikuti jalan sampai tiba di gerbang retribusi Pantai Parangtritis.

 

Sumber: Soekarno

Peta Lokasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here