Desa Wisata Gamplong merupakan desa wisata kerajinan tenun yang berada di Dusun Gamplobg, Desa Sumber Rahayu, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Desa Wisata Gamplong memiliki ciri khasnya sendiri yaitu kerajinan tenun yang masih menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) yang menjadi potensi desa setempat kepada wisatawan. Dengan kekhasannya ini, sampai sekarang Desa Wisata Gamplong mampu bertahan sebagai desa wisata yang diminati oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Gamplong sendiri sudah dikenal sebagai desa penghasil kerajinan tenun sejak tahun 1950-an. Ketrampilan menenun warga setempat merupakan ketrampilan yang didapat secara turun-temurun. Beberapa hasil tenun yang diproduksi disini antara lain kain lurik, serbet makan, dan barang kerajinan tenun lainnya.

Biasanya wisatawan yang datang ke Desa Wisata Gamplong ingin melihat langsung proses produksi kerajinan tenun. Ada juga yang membeli produk tenun desa ini, bahkan tidak sedikit yang memesan dalam jumlah banyak.

Dengan persaingan bisnis yang semakin ketat, para perajin berinovasi dengan membuat kerajinan dari tanaman eceng gondok, serat, akar wangi dan lidi. Beberapa diantaranya tas wanita, rak buku, dompet, gorden, tikar, dan berbagai souvenir dan aksesori lainnya.

Sebagai desa wisata kerajinan tenun, pengunjung bisa melihat proses menenun dan membuat anyaman. Selain itu, desa ini juga menyediakan workshop untuk kegiatan belajar menenun bagi para wisatawan?? dengan didampingi langsung oleh para ibu pengrajin tenun.

Untuk menuju Desa Wisata Gamplong, dari kota Yogyakarta menuju Jalan Raya Wates sampai ke Jalan Wates Km.15 pertigaan Klangon ke Utara sampai bertemu jembatan rel kereta api lalu belok kiri, ikuti jalan sampai ketemu lapangan ambil jalan yang kiri, kurang lebih 300 meter ada rumah joglo tempat itulah untuk acara workshop dan paguyuban.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here