Foto: Giri Wijayanto _Kirab Budaya Ngalangi Pantai Wediombo_Girisubo, Gunungkidul

Seperti yang kita ketahui, Yogyakarta atau biasa disebut juga Jogja, selalu menjadi daerah tujuan wisata favorit wisatawan untuk menghabiskan waktu liburannya. Banyak hal menarik yang dapat kamu peroleh, ketika berkunjung ke Jogja. Mulai dari keunikan budaya, sejarah dan seni tradisi yang terdapat di Kota ini, ternyata di Jogja juga banyak tempat wisata alam yang indah.

Nah, bagi kamu yang akan menghabiskan liburan sekolah, Natal dan Tahun Baru di Jogja, sebenarnya ada banyak destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi. Penulis akan memberikan beberapa review destinasi wisata di Jogja untuk kamu nikmati dalam liburanmu.

  1. Kawasan Malioboro

Setiap musim liburan tiba, termasuk akhir tahun, Kawasan Malioboro ini selalu menjadi primadona wisatawan untuk menghabiskan malam akhir tahun di Jogja. Malioboro dengan PKLnya, mall, pusat perbelanjaan, serta pasar Beringharjo merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang cukup ramai disambangi para wisatawan karena harga oleh-oleh yang cenderung terjangkau. Berbagai pernak-pernik khas Yogyakarta mulai souvenir untuk buah tangan dari batik hingga tas dan sepatu siap mengisi kantong oleh-oleh Anda. Event akhir tahun apa saja yang ada di Malioboro ini dan juga beberapa destinasi lain di Jogja, silahkan klik https://visitingjogja.com/12620/agenda-event-wisata-diy-selama-libur-natal-2017-dan-tahun-baru-2018/

  1. Gunung Api Purba Nglanggeran

Destinasi wisata eksotis ini berada di wilayah Desa Nglanggeran, Pathuk, Gunungkidul. Jaraknya sekitar 25 km dari pusat kota. Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan kawasan yang memiliki bentang alam yang sangat indah. Dari ketinggian, pengunjung bisa menikmati keindahan matahari terbit maupun terbenam. Pemandangan alam mempesona yang membentang luas menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk datang ke tempat wisata di Jogja ini. Jika ingin bermalam di tempat ini, tersedia pula homestay di tempat ini.

  1. Kawasan Hutan Pinus Mangunan

Di destinasi wisata alam ini, ada beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi. Ada beberapa spot foto menarik dan juga beberapa tempat dimana kamu bisa melihat view Jogja dari atas. Lokasi yang bisa kamu kunjungi antara lain: Jurang Tembelan yang letaknya tidak jauh dari kebun buah Mangunan; Seribu Batu Songgo Langit, disini terdapat spot foto menarik seperti rumah hobbit; Hutan Pinus Pengger, disini kamu dapat melihat indahnya view Jogja khususnya pada malam hari; Wisata Puncak Watu Goyang; Hutan Pinus Mangunan; Kebun Buah Mangunan; Bukit Panguk Kediwung; Puncak Becici; Tebing Watu Mabur dan Bukit Lintang Sewu.

4. Tebing Breksi

Merupakan salah satu tempat wisata baru di Jogja yang berhasil menarik perhatian banyak orang. Mulanya, bukit ini hanyalah sebuah tambang batu biasa yang menyerupai bukit kecil setinggi kurang lebih 20 m. Tebing Breksi tersebut merupakan endapan abu vulkanik dari Gunung Api Purba Nglanggeran Gunung Kidul ?dan tebing tersebut masuk sebagai situs Geoheritage Candi Ijo yang harus dilestarikan dan dilindungi. Saat ini dikemas dengan lebih artistik sehingga menjadi sebuah pemandangan yang menarik dan dapat kita nikmati. Bila suasana cerah, kita bisa melihat view Merapi dari tempat ini.

  1. Pantai Wediombo

Tempat wisata Jogja ini memiliki ciri khas berupa gugusan batu karang yang kokoh di sejumlah spot. Ombak di wisata ini tergolong besar dengan ketinggian hingga 3-4 meter. Karena ketinggian ombaknya ini, sekarang pantai Wedi Ombo juga menjadi salah satu destinasi wisata untuk para peselancar. Selain itu juga menjadi favorit bagi para pemancing, wisata snorkling, dan terdapat kolam tersembunyi yang dikelilingi gugusan karang di pantai ini. Wisata Jogja ini disukai wisatawan karena hamparan pasir putih yang bersih serta panorama pantainya yang unik dan berkesan. Di tempat wisata ini selain menikmati pesona pantai, dan berenang, kamu juga dapat menyantap makanan khas Gunung Kidul di kawasan wisata Jogja ini, seperti tiwul dan belalang goreng yang lezat. Kamu juga bisa sekaligus mengunjungi kawasan pantai lainnya seperti pantai siung, sundak dan sebagainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here