Pemerintah Daerah DIY mengikuti General Assembly Meeting sebagai provinsi anggota EATOF (East Asia Tourism Regional Forum) yang ke 16 di Tottori, Jepang pada 11 Agustus 2018. Kegiatan ini merupakan pertemuan rutin anggota EATOF dengan agenda Standing Committee Meeting (pertemuan Kepala Dinas Pariwisata anggota EATOF) dan Pertemuan Gubernur yang diwakili oleh Wakil Gubernur DIY Bapak Paku Alam X. Dilanjutkan dengan penandatanganan Kesepakatan bersama Gubernur anggota EATOF

Dalam pertemuan kali ini, semua provinsi sepakat untuk tetap saling berkoordinasi dan mengikuti semua Mega Event yang dimiliki oleh setiap anggota provinsi. DIY sendiri memiliki Mega Event yang dapat diikuti anggota EATOF berupa JTM ( Jogja Travel Mart) dan Jogja International Street Performance. Kesepakatan lainnya adalah akan meningkatkan kerjasama dalam bidang budaya, exchange atau pengiriman Cultural Troups dan pengiriman jurnalis serta pelaku industri untuk mengikuti Fam trip di provinsi anggota. Telah disepakati pula bahwa International slogan EATOF adalah : Discover, Experience and Inspire. Slogan tersebut akan digunakan sebagai tagline EATOF dimana tiap tahunnya akan mengambil tema yang berbeda-beda.

Pelaksanaan Standing Committee Meeting 2019 dan GA Meeting EATOF 2020 nanti akan berlangsung di Provinsi Quang Ninh sebagai tuan rumah. Kemudian di tahun 2020 nanti akan memutuskan provinsi Cebu Philipine untuk menjadi Sekretariat EATOf selama 4 tahun ke depan sesuai dengan usulan langsung dari pihak Cebu.

Di akhir pertemuan, DIY menampilkan Tari Sang Prewireng, atas dukungan dari Dinas Kebudayaan DIY.

Sumber: Pelayanan Informasi Pariwisata, Bidang Pemasaran, Dinas Pariwisata DIY