PRESS RELEASE
Minggu Besok, Masyarakat Kwagon Adakan Saparan

SLEMAN – Masyarakat dusun Kwagon Sidorejo Godean Sleman akan menggelar Upacara Adat Saparan Kwagon, Minggu 28 Oktober 2018 mulai jam 07.30 WIB. Acara tersebut dimeriahkan dengan kirab budaya berupa kirab pusaka, gunungan lanang-gunungan wadon, gunungan wulu wetu, dan sebagainya serta dimeriahkan dengan fragmen Dumadining Kwagon, pentas seni tradisional jathilan.

Menurut Sukiman selaku ketua panitia, acara tradisi saparan ini mengandung maksud dan tujuan sebagai perwujudan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa bagi masyarakat setempat atas limpahan rizqi-Nya dan agar sebagian besar masyarakat yang berprofesi sebagai pembuat genteng melalui penggalian tanah liat/ lempung di kawasan gunung-gunung di sekitarnya dapat terhindar dari berbagai gangguan. Selain itu acara tersebut juga dimaksudkan sebagai upaya pelestarian tradisi dan nilai tradisional setempat sebagai alat pemersatu warga masyarakat. Diharapkan pula acara tradisional tersebut dapat memperkaya aset pariwisata daerah.

Adapun kirab budaya berupa arak-arakan sesaji dari halaman rumah Dukuh Kwagon menuju lokasi labuhan di gunung Kwagon sejauh kurang lebih 2 kilometer, diiringi oleh bregada prajurit bertombak, sesaji gunungan lanang, gunungan wadon, gunungan wulu wetu, gunungan lempong, gunungan genteng, rombongan santri, barisan buto sebagai lambang penguasa Gunung Kwagon, bregada penambang lempong dan bregada punggawa dan sesepuh masyarakat.

Usai upacara labuhan di Gunung Kwagon, gunungan lanang, gunungan wadon, dan gunungan wulu wetu diperebutkan secara oleh warga masyarakat pengunjung dan wisatawan yang berkeyakinan untuk ngalap berkah atau mengharapkan berkah labuhan tersebut.

Sebelum puncak acara dalam upacara adat tersebut akan diawali pada hari Jumat 26 Oktober 2018 mulai jam 20.00 WIB dengan Pagelaran Wayang Kulit dengan Dalang Ki Edi Suwondo dengan bintang tamu Sugeng Iwak Bandeng CS. Sedangkan pada Sabtu 27 Oktober 2018 mulai jam 11.00 WIB dengan pengiriman sesaji yang berupa acara Ndodog Lawang di Bukit Kwagon dan pada sore harinya mulai jam 15.00 WIB di rumah dengan acara Kenduri Massal.

Sleman, 26 Oktober 2018
Kepala Bidang Doksarpras Kebudayaan
Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman

Wasita, SS, MAP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here