Kereta Api Indonesia (KAI) mengoperasikan KA Bandara pada Senin, 6 Mei 2019. KA Bandara ini diperuntukkan untuk penumpang pesawat yang landing ke YIA dan membutuhkan transportasi menuju kota Yogyakarta. KA Bandara ini melayani rute Stasiun Maguwo – Yogyakarta – Wates – Wojo. Bagi pengunjung yang ingin berwisata ke DIY tidak perlu khawatir lagi akan layanan transportasi di Bandara YIA. Pihak KAI telah menyediakan kereta api dengan 1 rangkaian dan memiliki 4 gerbong. Kereta api ini juga menyediakan fasilitas 196 tempat duduk.

Jadwal keberangkatan KA Bandara dimulai dari Stasiun Maguwo pukul 10.40 WIB dan akan tiba di Stasiun Wojo pukul 11.26 WIB. Jadwal dirilis dan dirancang satu jam sebelum jadwal keberangkatan pesawat. Keberangkatan dari Stasiun Maguwo ke Wojo menempuh jarak kurang lebih 45 menit. Kemudian dilanjutkan dengan “BUS DAMRI” dari Stasiun Wojo ke Bandara YIA kurang lebih berjarak 6 kilometer. Pembelian tiket KA Bandara dilakukan secara Go-Show mulai 3 jam sebelum keberangkatan.

Sedangkan keberangkatan dari Stasiun Wojo pukul 14.04 WIB dan tiba di Stasiun Maguwo pukul 14.55 WIB. Penumpang yang ingin berhenti di Yogyakarta akan tiba di Stasiun Yogyakarta pukul 14.43 WIB.

Keberadaan YIA dan akses KA Bandara selaras dalam menjawab kebutuhan angkutan massal serta akselerasi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Yogyakarta. Kemudahan akses yang di dapatkan pengunjung dan fasilitas yang memadai akan memberikan dampak positif terhadap peningkatan jumlah wisatawan. (san/rag)

KA Bandara YIA mulai beroperasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here