Dinas Pariwisata DIY akan menyelenggarakan Festival Reog dan Jathilan di kawasan wisata Watu Mabur, Desa Mangunan, Dlingo, Bantul pada hari Minggu, 30 Juni 2019. Penyelenggaraan Festival Reog dan Jathilan tahun ini mengusung tema “Reog dan Jathilan Era Milenial sebagai Alternatif Bentuk Sajian Wisata di DIY”.

Acara ini diselenggarakan rutin oleh Dispar DIY setiap tahunnya yang mana tahun 2018 lalu diselenggarakan di kawasan Embung Nglanggeran, Kabupaten Gunung Kidul. Festival ini diselenggarakan atas kerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Dinas Kebudayaan tingkat kabupaten/kota di seluruh wilayah DIY dan dibantu kelompok penggiat seni reog dan jathilan.

Penyelenggaraan Festival Reog dan Jathilan ini adalah sebagai wujud apresiasi terhadap karya seni tradisional yang populer dan berkembang di seluruh DIY. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan di kawasan wisata Watu Mabur dan sekitarnya. Selain itu festival ini juga merupakan upaya untuk mendukung pembinaan kesenian sebagai penopang atraksi wisata.

Festival yang akan dimulai sekitar pukul 07:00 WIB ini nantinya akan diikuti oleh enam grup reog dan enam grup jathilan yang dikirimkan oleh Dinas Kebudayaan dan Dinas Pariwisata kabupaten/kota di wilayah DIY.

Masing-masing kabupaten/kota mengirimkan satu grup reog dan satu grup jathilan kecuali tuan rumah yang berhak mengirimkan masing-masing dua grup.

Mereka akan berkompetisi menunjukkan kreatifitas dan keatraktifan untuk memperebutkan hadiah total senilai Rp 90 juta. (san/ynd)

Festival Reog dan Jathilan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here