Selasa malam (25/Juni/2019) embung Langensari Yogyakarta nampak dipenuhi banyak penonton baik itu dari muda mudi sampai mereka yang setengah baya. Mereka nampak sangat antusias untuk dapat menyaksikan pertunjukan keroncong kali ini dan hadir sejak sore untuk mencari tempat duduk yang strategis untuk dapat memeriahkan acara ini.

Acara Kerontjong Moeda tahun ini bertema Mengenang “Sang Buaya Keroncong” yaitu mengenang sosok Kusbini yang oleh presiden pertama Indonenesia diberi julukan Sang Buaya Keroncong. Beliau juga merupakan pencipta lagu Bagimu Negeri yang sudah sangat populer di Indonesia sebagai lagu Nasional dan sering dinyanyikan di acara-acara kenegaraan.

Acara ini merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Kota Yogyakarta dengan Dinas Pariwisata DIY dengan lokasi yang berbeda-beda. Kali ini acara diadakan di embung Langensari dengan sebelumnya acara di laksanakan di mangunan dan tebing breksi. Acara tersebut selalu menarik minat ribuan masyarakat dari wilayah DIY untuk datang menonton.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo mengatakan acara tersebut bertujuan untuk membangun promosi, daya tarik, dan kemajuan destinasi wisata yang dipadukan dengan gelaran seni budaya keroncong. (san/yas)

Symphony Kerontjong Moeda