Dinas Pariwisata DIY kembali menyelenggarakan Menoreh Night Festival. Pada tahun ketiga digelarnya festival ini, atraksi budaya akan lebih ditonjolkan dengan mengangkat konten lokal menoreh.

Perbukitan Menoreh terdiri dari empat kecamatan yaitu Kokap, Girimulyo, Samigaluh dan Kalibawang yang masing-masing memiliki atraksi budaya yang bisa ditampilkan. Ada kesenian Incling dari Kokap, Jabur dari Kalibawang, Lengger Tapeng dari Samigaluh dan Wayang Topeng dari Kalibawang.

Rangkaian kegiatan Menoreh Night Festival digelar di Goa Kiskendo dari Kamis (04/07/2019) sampai Minggu (07/07/2019). Pada 04 Juli digelar Kenduri Upacara Adat. Tanggal 05 Juli diadakan Gugur Gunung dari pukul 10:00 WIB. Selanjutnya tanggal 06 Juli pukul 13:00-15:30 WIB diadakan pertunjukan Angguk yang merupakan tarian tradisional khas Kulonprogo. Disusul dengan pertunjukan Lengger Tapeng, Bulan Jingga dan Omah Cangkem yang dimulai pukul 19:30. Dalam rangkaian acara ini seniman Nasional Didik Nini Thowok turut mempertunjukkaan tarian dwimuka dan berkolaborasi dengan Omah Cangkem. Pada tanggal 07 pukul 8:00-12:00 WIB diadakan pertunjukan Kumpul bocah dan Incling. Ada juga pasar tradisional yang digelar dari tanggal 06-07 Juli 2019.

Digelarnya Menoreh Night Festival diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kulonprogo khususnya perbukitan Menoreh dan juga bisa membuat budaya Kulonprogo dikenal dan dicintai generasi muda. (san/dna)

Lokasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here