Forum bisnis yang menjadi wadah pengembangan bisnis antara Indonesia dan Russia digelar di Ritz-Calton Hotel Moscow, Russia pada Kamis (1/8) kemarin. Forum bisnis yang mengambil tema ‘Toward Indonesia – Russia Stategic Partership: Bridging Fruitful Collaboration Trough Tourism, Trade and Investment’ ini, diprakarsai oleh KBRI Moskow dan merupakan rangkaian acara Festival Indonesia yang diselenggarakan pada tanggal 2 – 4 Agustus 2019.

Dalam forum bisnis ini, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X yang menjadi salah satu panelis, memaparkan berbagai potensi DIY dan menawarkan peluang investasi di Yogyakarta dengan berbagai kemudahan dan jaminan keamanan yang kondusif karena aspek kebijakan dan hukum di Yogyakarta yang relatif tidak banyak berubah mengingat Gubernur DIY tidak dipilih melalui pemilu. Sri Sultan menjamin bahwa investor sudah boleh membangun ketika izin lokasi, izin analisis mengenai dampak lingkungan dan izin mendirikan industri sudah didapat.

Selain Sri Sultan, turut hadir panelis lain, Ganjar Pranowo, Gubernur Jateng, President of Russian Union of Industrialist and Enterpreneurs, Alexander Nikolaevich Shokhim dan pembicara lain dari kedua negara. Dalam forum bisnis ini memungkinkan untuk mempertemukan pengusaha Indonesia dengan pengusaha Rusia. Dengan adanya forum ini diharapkan dapat menjalin dan mempererat hubungan antar kedua negara dan mendongkrak kunjungan wisatawan Russia ke Indonesia khususnya Yogyakarta. (san/dna)