Melipir sejenak dari keramaian kota mungkin bisa menjadi obat dikala penat melanda, dan pantai selalu bisa menjadi penawarnya. Yap, Pantai Wohkudu, merupakan salah satu pantai dari deretan puluhan pantai cantik dengan pasir putihnya yang terletak di Gunung Kidul. Keindahan Pantai Wohkudu yang diapit oleh dua tebing ini memang sudah tidak diragukan lagi guys.

Dari pusat kota Jogja, perjalanan dapat ditempuh selama kurang lebih 2 jam. Kamu bisa lewat Jalan Raya Wonosari maupun Banguntapan. Dari Jalan Raya Wonosari melalui Piyungan-Patuk-Lapangan Terbang Gading-Lampu merah pertama ambil arah kanan menuju Pasar Playen Palihan-Girikarto selanjutnya tinggal mengikuti petunjuk arah yang sudah disediakan untuk menuju Pantai Wohkudu. Jika melalui Banguntapan, menuju arah Imogiri-Siluk Panggak-Girikarto, kemudian mengikuti petunjuk arah yang tersedia.

Perjalanan untuk sampai ke Pantai Wohkudu memang butuh perjuangan. Melewati turunan dengan jalan setapak yang lumayan curam. Area parkir Pantai Wohkudu tepat berada di tepi jalan, di sebelahnya juga ada warung sederhana yang menjual minuman dan makanan ringan. Perjuangan untuk menuju Pantai Wohkudu belum berakhir guys. Jalan berbatu sudah menanti dengan panjang kurang lebih 300 m. Berita bagus untuk kalian yang suka trekking, walaupun tidak terlalu susah, namun cukup menguras energi bagi yang belum terbiasa.

Rasa lelah akan terbayar tatkala bibir pantai sudah mengintip dari kejauhan. Hamparan rumput akan menyambut kedatangan kalian. Lha? Kok hamparan rumput? Iya guys. Jadi Pantai Wohkudu ini memang terkenal sebagai area camping ground di pantai.

Apalagi ketika weekend, kawula muda yang camping akan membanjiri Pantai Wohkudu. Camping di sini tentu saja dapat menjadi obat bagi segala bentuk kepenatan sehari-hari. Di sini kalian bisa bernyanyi dan berdendang bersama para sahabat serta membuat api unggun untuk menghangatkan suasana.

Oh iya, selain alternatif tempat camping, Pantai Wohkudu juga terkenal dengan spot memancingnya. Tidak ada salahnya jika kalian yang hobi memancing membawa alat-alat pancing saat berkunjung ke Pantai Wohkudu. Ikan segar hasil tangkapan bisa kalian masak di atas api unggun untuk makan malam disaat camping. Pasti nya bakal seru sekali karena semuanya sudah disediakan oleh alam. Tapi ingat ya guys, menjaga alam dengan tidak meninggalkan sampah adalah tanggung jawab kita semua.

Hamparan rumput yang berpadu dengan pasir putih semakin menambah ke eksotisan pantai ini. Dan lagi dua tebing yang mengapit pantai benar benar memberikan atmosfer sunyi yang menentramkan. Semilir angin beradu dengan deburan ombak mampu menghipnotis setiap pasang mata.

Tak hanya itu, pantai ini juga masih sangat bersih dari sampah. Tidak tampak sampah bekas makanan maupun minuman. Hal ini dikarenakan tidak adanya pedagang yang berkeliling sampai di bibir pantai. Pengunjung pun sadar diri untuk membawa kembali sampah mereka. Fasilitas seperi toilet dan warung sederhana dapat di temui di area belakang pantai.

 Dengan akses yang lumayan sulit dan minimnya fasilitas, pengunjung hanya dikenakan biaya masuk sebesar 5000 rupiah saja. Untuk kamu yang penasaran dan ingin merasakan camping serta sensasi memancing di tepi pantai, yuk segera ajak teman-teman mu untuk datang kesini dan buktikan sendiri keindahan Pantai Wohkudu. (san/agr)

Pantai Wohkudu