Pemda DIY kembali menggelar even tahunan Pawai Pembangunan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun RI ke-74. Even ini diselenggarakan pada hari Minggu (18/8) kemarin di sepanjang Jalan Malioboro. Sesuai tema besar peringatan HUT RI ke-74, tema pawai pembangunan tahun ini adalah “SDM Unggul Indonesia Maju”.

Turut hadir Wakil Gubernur DIY, KGPAA Pakualam X beserta istri GKBRAy A Paku Alam beserta jajaran Pemerintah Daerah DIY. Acara diawali dengan seremonial penghormatan kepada Wakil Gubernur DIY oleh Kepala Dinas Perizinan dan Penanaman Modal (DPPM) DIY, Drs. Arif Hidayat beserta Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo S.H., M. Ed.

Pawai ini diikuti oleh 38 kelompok dengan ribuan peserta dari berbagai instansi, komunitas dan sekolah yang memperlihatkan kreatifitas, inovasi, prestasi, serta kebudayaan Daerah Isimewa Yogyakarta. Pesetra pawai berkumpul di 4 titik lokasi yang berbeda yaitu, Taman Parkir Abu Bakar Ali, Hotel Grand Inna, Kantor eks Dinas Pariwisata DIY dan Gedung DPRD DIY. Pawai dimulai pada pukul 14:30 WIB setelah dilakukan penutupan jalan Malioboro dari pukul 14:00 WIB.

Titik start adalah dari Depan Gedung DPRD DIY dan finish di Titik Nol Km. Sebelum finish peserta diberikan kesempatan menunjukkan bakat dan atraksinya di hadapan Wakil Gubernur beserta jajarannya di depan panggung kehormatan yang bertempat di depan Gedung Agung.

Antusias masyarakat yang tinggi terlihat dari ramainya pengunjung yang hadir memadati sepanjang jalan Malioboro untuk menyaksikan Pawai Pembangunan ini. Diharapkan dengan terselenggaranya even ini dapat memberikan informasi kepada masyarakat akan keistimewaan DIY yang memiliki berbagai macam kebudayaan dan prestasi. Serta bisa lebih banyak menarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung dan tinggal di Yogyakarta lebih lama. (san/dna)