Event Malioboro Night Festival kembali digelar oleh Dinas Pariwisata DIY pada Jumat (23/8) kemarin di Monumen Serangan Umum 1 Maret, Malioboro. Gelaran yang sudah memasuki kali keempat ini diselenggarakan dalam upaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke wilayah DIY. Malioboro Night Festival 2019 dimulai dari pukul 16:00 WIB dengan acara fashion show yang dibawakan oleh 20 model yang memperagakan busana dari bahan daur ulang.

Dihadiri oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo, S.H., M.Ed, dalam acara ini merupakan event spesial karena di dalamnya juga terdapat peluncuran Grab Andong. Peluncuran Grab Andong ditandai dengan pembunyian lonceng kuda secara bersama-sama oleh Menpar Arief Yahya, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Kadispar DIY Singgih  Raharjo, S.H., M.Ed. Andong sendiri merupakan transportasi tradisional khas Yogyakarta yang menghiasi jalan kota Yogyakarta terutama jalan Malioboro. Selain itu dalam event ini juga dilakukan pelantikan pengurus PORDASI (Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia) DIY.

Event ini juga dimeriahkan oleh Anter Dance, Tari Arjuna Wirayuda, Tari dari Dinas Pariwisata Sulawesi Tengah, Kumlaka Etnik, Jembe Percussion dan pentas seni lainnya. Puncak acara MNF ada penampilan dari grup band nasional beraliran ska yaitu Tipe-X yang sukses membuat penonton ikut berjingkrak mengikuti alunan musik.

Diharapkan dengan adanya gelaran even MNF 2019 ini wisatawan semakin bertambah dan betah tinggal berlama-lama di Yogyakarta sehingga target kunjungan wisatawan bisa telampaui. Hal ini tentunya juga akan berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat DIY. (san/dna)

Monumen Serangan Umum 1 Maret