Minggu (25/8) kemarin, langit Pantai Parangtritis dihiasi oleh atraksi udara seperti microlight, aeromodeling, paramotor, terbang layang, gantole, terjun payung, layang-layang serta penampilan Jupiter Aerobatik Team, Solo Aerobatik Pits dan Manuver Grob 120 TPA. Ini merupakan puncak acara Jogja Air Show 2019 yang sebelumnya telah dilaksanakan lomba olahraga dirgantara gantole dan Paralayang di Bukit Sriten pada tanggal 16-18 Agustus 2019 kemarin. Dalam event Minggu kemarin, para pilot menunjukkan kepiawaiannnya mengendalikan pesawat dengan melakukan berbagai atraksi di langit Pantai Parangtritis, Bantul. Selain itu ada juga atlit paralayang yang sukses mengibarkan bendera merah putih dan mendarat dengan sempurna.
Event ini diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata DIY bekerja sama dengan Pangkalan Udara Militer (Lanud) dan merupakan kegiatan rutin tahunan yang telah terselenggara untuk ke-13 kalinya.
Penyelenggaraan Jogja Air Show ini juga termasuk olahraga rekreasi dan bertujuan agar bisa menarik minat masyarakat luas terhadap kegiatan kedirgantaraan. Dengan mengangkat tema “Dirgantara Pemersatu Bangsa”, Jogja Air Show 2019 ini diharapkan mampu meningkatkan potensi kedirgantaraan yang ada di Yogyakarta, sekaligus meningkatkan pariwisata di DIY. (san/dna)

Pantai Parangtritis