Malioboro Selasa Wage telah tebukti menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dan masyarakat DIY. Hal ini terlihat dari semakin meningkatnya jumlah pengunjung yang datang ke Malioboro Selasa Wage (27/8) kemarin. Jalan Malioboro yang ditutup dari kendaraan bermotor dimanfaatkan wisatawan untuk sekedar olahraga atau berfoto pada pagi hari hingga siang hari. Menjelang sore hari wisatawan semakin memadati kawasan Malioboro hingga terlihat penuh sesak memenuhi jalanan.

Wisatawan datang untuk menyaksikan hiburan yang telah disediakan di sepanjang jalan Malioboro oleh Dinas Pariwisata DIY, Dinas Kebudayaan DIY dan stakeholder lainnya dari pukul 09:00-22:00 WIB. Dimulai sejak jam 09:00 di Gerbang Barat Kepatihan terdapat kegiatan Ekspose Pameran Warisan Budaya yang kemudian dilanjutkan dengan acara ekspose Sejarah Serangan Oemoem 1 Maret, ekspose Proses Ekskavasi, Pentas Tari dan ekspose Macapatan hingga pukul 21:00 WIB.

Di depan Mirota Batik kegiatan Workshop Batik dimulai pukul 10:00 WIB dilanjutkan dengan hiburan Tari, Kirab Bregada hingga pukul 21:00 WIB. Pada pukul 12:00 WIB di depan Gedung DPRD DIY dimulai kegiatan Audisi Bintang Radio RRI kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Flashmob, Talkshow, ekspose Muni Panggung Obivan hingga pukul 21:00 WIB. Termasuk terselenggara talkshow radio Sonora FM bersama Dinas Pariwisata yang disiarkan secara langsung terkait Selasa Wagen.

Menginjak sore hari, acara semakin seru karena beberapa acara dimulai bersamaan. Pada pukul 15:00 WIB di UPT Malioboro ada Pentas Musik dilanjutkan dengan Campursari hingga pukul 21:00 WIB. Di depan Gapura Pecinan Ketandan Barongsai Hoo Hap Hwee beraksi hingga pukul 18:00 WIB. Di Plaza SO 1 Maret skpose Gelar Potensi Desa Budaya dan UKM mulai dibuka hingga pukul 22:00 WIB. Di gedung eks Koni Trikora digelar permainan tradisional anak, workshop grafis anak, keroncong remaja dan musik malam hingga pukul 21:00 WIB.

Mulai pukul 16:00 WIB, Street Performance digelar di depan Hotel Grand Inna dilanjutkan dengan Keroncong Nahoga hingga pukul 21:00 WIB. Masih dimulai pada jam yang sama, di Depan Perpusda ada Talkshow, musik dan baca puisi hingga pukul 21:00 WIB. Di Plaza SO 1 Maret sisi barat tampil Universal Line Dance hingga pukul 18:00 WIB. Di depan Mutiara Hotel ada Music Acoustic dari Bank BPD DIY.

Malioboro Selasa Wagen rutin diadakan pada hari Selasa Wage dalam kegiatan ujicoba kawasan pedestrian Malioboro. Kegiatan ini diharapkan dapat terus menjadi event yang ditunggu-tunggu oleh wisatawan dan masyarakat DIY sehingga kunjungan ke DIY terutama kawasan Malioboro terus meningkat.

Untuk memperoleh update agenda terbaru Selasa Wage bulan depan, sobat visitingjogja dapat selalu memantau Medsos IG @visitingjogjacom, twitter @visiting_jogja dan web www.visitingjogja.com sebagai sumber informasi terawal dan terdepan yang mengupdate kegiatan Selasa Wagen. Selain itu update kegiatan Malioboro Selasa Wagen juga disiarkan pula melalui media informasi Radio.

Jadi, jangan sampai melewatkan keseruan Malioboro Day berikutnya ya sobat Visiting Jogja. (san/ynd)