Pagi tadi (1/10), suasana keramaian jalan Malioboro tidak terlihat seperti hari-hari biasanya. Ada apa ya? Hari ini hari Selasa Wage, sepanjang Jalan Malioboro ditutup untuk kendaraan bermotor. Hanya kendaraan tertentu yang boleh melintas seperti Bus Umum Transjogja, kendaraan tidak bermotor (andong, sepeda dan becak), Damkar, Ambulance, Kendaraan Patroli Kepolisian, Kendaraan Kebersihan Malioboro dan Kendaraan Dinas tertentu.

Setiap Selasa Wage, para pedagang juga libur berjualan dan secara bersama-sama membersihkan kawasan Malioboro. Ditutupnya jalan Malioboro juga dimanfaatkan oleh masyarakat untuk sekedar berfoto, jalan-jalan, jogging, bersepeda dan melakukan aktivitas lainnya. Kegiatan penutupan jalan ini merupakan uji coba kawasan Malioboro sebagai kawasan ramah pejalan kaki.

Namun, suasana lengang Jalan Malioboro tidak akan ditemukan lagi jika sudah menjelang siang. Karena Dinas Pariwisata DIY, Dinas Kebudayaan DIY dan para stakeholders sudah menyiapkan beberapa titik pertunjukkan di sepanjang Jalan Malioboro untuk memanjakkan para pengunjung sampai nanti malam. Ada 10 titik yang akan menyuguhkan pertunjukan seni yang pastinya seru. Di depan Hotel Grand Inna, Pintu Masuk UPT Malioboro, Depan DPRD DIY, Gerbang Barat Kepatihan, Depan Gapura Pecinan Ketandan, Pasar Beringharjo, Plaza SO1 Maret, Titik Nol, Gedung Eks Koni dan Hamzah Batik. Jadi, buruan yuk ke Malioboro sekarang! (san/dna)