Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Yogyakarta yang ke-263 akan digelar event tahunan Wayang Jogja Night Carnival #4 (WJNC) pada hari Senin, 7 Oktober 2019 pukul 18:30 WIB. WJNC tahun ini mengambil tema ‘Ringgit Wanara Kagungan Dalem Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat’ atau yang juga dikenal sebagai Wayang Kapi-Kapi. WJNC #4 menampilkan 14 karakter Wayang Kapi-Kapi yang merupakan wayang milik Keraton Yogyakarta yang jarang tampil di umum. Wayang ini terbilang unik, karena memiliki bentuk perpaduan bagian tubuh hewan yang merepresentasikan kehidupan di dunia. WJNC dikonsep dalam bentuk street art, sebagai pertunjukan yang khusus ditampilkan di jalanan. Event ini bertempat di sepanjang jalan Sudirman, Tugu Jogja hingga jalan Margo Utomo.

Ke-14 Wayang Kapi-kapi nantinya akan diperagakan oleh 14 kecamatan yang ada di Kota Yogyakarta dalam pawai Wayang Jogja Night Carnival #4. Tugu Pal Putih dijadikan sebagai titik pusat dalam pagelaran Wayang Jogja Night Carnival #4. Selain itu ada 2 titik display lain yaitu depan eks Indosat jalan Sudirman dan depan gedung KR jalan Margo Utomo. Nantinya di setiap titik para penampil akan menyuguhkan pertunjukan yang telah digarap sesuai dengan tokoh wayang yang telah ditentukan.

Sebagai event tahunan yang tentunya telah ditunggu oleh masyarakat, event ini bertujuan agar masyarakat bisa mendekatkan dan mengenal Wayang Kapi-kapi serta memaknai filosofinya dalam kehidupan sehari-hari. Wayang Kapi-kapi mengajarkan agar harus saling mengayomi meski memiliki pribadi yang berbeda-beda. Sehingga event ini diharapkan tidak hanya menjadi tontonan semata tetapi bisa juga menjadi salah satu sarana edukasi. (san/dna)