Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dirayakan 1 kali dalam setahun yang disebut dengan sekaten, tahun ini akan jatuh pada tanggal 09 November 2019. Dan perayaannya akan dimulai pada 01 – 09 November 2019. Perayaan menyambut sekaten biasanya dirayakan dengan beberapa peringatan di Yogyakarta. Salah satu agenda yang biasa Kraton Yogyakarta gelar bekerja sama dengan pemkot kota Yogyakarta untuk menyambut perayaan sekaten yakni menggelar Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS).

Namun tahun ini perayaan sekaten sedikit berbeda karena hanya akan diadakan Pameran Sekaten yang akan dilaksanakan pada 01 – 09 November 2019 di Bangsal Pagelaran dan Kompleks Sitihinggil Keraton Yogyakarta. Pernyataan ini kraton Yogyakarta sampaikan melalui konferensi press yang dilaksanakan (03/10/2019) lalu melalui GKR Bendhoro serta KPH Notonegoro yang menjabat Penghageng Kawedanan Hageng Punakawan Kridhamardawa Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Ditiadakannya Pasar Malam Perayaan Sekaten tahun ini dilakukan karena ingin mengembalikan semangat dan makna dari sekaten yang sesungguhnya karena orang sekarang sudah mulai melupakan keaslian grebeg sekaten dan kebanyakan mereka datang hanya untuk ke pasar malam. Pasar Malam sebenarnya bukan bagian dari Sekaten yang digelar Kerajaan Mataram selama ratusan tahun. Sekaten digelar untuk mensyiarkan dan memperjuangkan agama Islam. Selain itu sekaten juga menjadi wadah dakwah dan memupuk ukhuwah bagi pemeluk Islam yang dipusatkan di Masjid Gedhe Keraton. (san/yas)