Hai Sobat Visitingjogja semuanya! Sudah pernah melihat prosesi pergantian Dwaja Bregada Jaga Kadipaten Pakualaman? Sabtu, 16 November 2019 besok, Kadipaten Pakualaman akan kembali menggelar Atraksi Wisata Budaya Upacara Ganti Dwaja Bregada Jaga Kadipaten Pakualaman. Upacara ini akan dilangsungkan di Alun-alun Sewandanan Pakualaman Yogyakarta mulai pukul 14.00 WIB.

Tadisi pergantian Dwaja Bregada Jaga Kadipaten Pakualaman digelar rutin setiap Sabtu Kliwon atau 35 hari oleh Kadipaten Pakualaman dan didukung oleh Dinas Pariwista DIY. Penyelenggaraan pergantian Dwaja ini dilaksanakan bertepatan dengan weton atau hari lahir dari Sri Paduka Pakualam X. Dwaja merupakan bendera kesatuan parjurit jaga yang nantinya akan diganti dengan Dwaja prajurit yang akan berjaga selanjutnya.

Upacara ini juga akan dimeriakan oleh pertunjukan seni budaya berupa jathilan Turonngo Mudho Cindelaras dari desa budaya Wedomatani. Ada juga penampilan bregada rakyat Yudha Manggala dari Margosari, Kulonprogo. Selain itu ada juga tari ketangkasan beladiri Phoenix Tradisional Taiji Club dari Condongcatur.

Yuk lestarikan budaya kita dengan datang ke upacara tradisional ini! (san/dna)