Ramayana Ballet adalah pementasan sendratari tradisional yang mengisahkan kisah cinta Rama dan Shinta. Purawisata (yang juga dikenal dengan Mandira Baruga) memiliki amphi teater yang memiliki kapasitas 600 kursi ini juga menyelenggarakan pegelaran sendratari Ramayana. Dengan menampilkan penari-penari yang dibalut dengan kostum yang indah serta diiringi alunan music gamelan menambah pukau  sendratari Ramayana yang telah berlangsung selama puluhan tahun sejak tahun 1976. Pada tahun 2002, Ramayana Ballet Purawisata memenangkan rekor MURI dengan penghargaan atas konsistensinya melakukan pertunjukan setiap hari selama 26 tahun (sumber : amazingramayanaballet.com). Dan masih terus berlanjut di tahun 2016, Ramayana Ballet Purawisata masih terus berlanjut menampilkan pementasan genap selama 40 tahun.

Pementasan sendratari ini berlangsung dimulai dari pukul 20.00 – 21.30 dengan kisah full story. Diiringi dengan lantunan nyanyian sinden dan music tradisional gamelan jawa, pementasan sendratari ini benar-benar mengisahkan kisahromantis Rama dan Shinta. Tak hanya itu, adegan lainnya adalah munculnya kisah Rahwana dan Hanoman dalam rangkaian sendratari ini. Tentunya adegan ini sangat memukau pengunjung dengan menampilkan adegan “Hanoman Obong”.  Pengunjung dapat menyaksikan pertunjukan sendratari dengan atribut bara api yang sangat menarik untuk diabadikan.

Tak hanya pementasan sendratari saja, Purawisata juga memiliki restoran buffet di Gazebo Garden Restaurant. Sebelum pementasan, pengunjung dapat makan malam dengan menu tradisional yang disajikan restoran ini. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat menikmati suasana klasik dari arsitek Kraton Yogyakarta di restoran ini. Menu yang disajikan disini adalah menu buffet dan barbeque.

Jika kamu ingin menyaksikan sendratari Ramayana ini, kamu bisa datang langsung ke Purawisata yang berlokasi di Jalan Brigjen Katamso, berjarak sekitar 800-meter dari Alun-Alun utara Kraton Yogyakarta. Pertunjukan Ramayana Ballet berlangsung setiap hari, jadi kamu tidak perlu khawatir akan jadwal pementasannya. (san/rag)