Sobat Visiting Jogja pecinta kopi terutama di daerah Timoho pasti sudah tidak asing lagi dengan tempat ngopi yang satu ini. Cafe yang beralamat di Ipda tut Harsono No. 48, Muja Muju, Umbulharjo ini bernama Maison Daruma. Arsitektur bangunan cafe ini mengadaptasi bangunan Jepang, seperti kaca-kaca yang berbentuk setengah lingkaran, panel kayu dan boneka Daruma yang menghiasi setiap sudut cafe. Daruma sendiri merupakan boneka Jepang yang melambangkan keberuntungan sedangkan Maison berarti rumah.  Bisa jadi pemilik cafe menginginkan cafe ini sebagai rumah yang selalu membawa keberuntungan.

Awalnya tempat ini hanyalah sebagai tempat mengetes kopi bagi pembeli biji kopi yang beroperasi sejak tahun 2017. Namun karena antusias penikmat kopi di Jogja semakin meningkat maka berdirilah cafe ini sejak Juli 2018. Demi terjaganya kualitas produksi kopi, Masion Daruma membuat sistem yang konsisten mulai dari penerimaan biji kopi dari petani kopi langsung, seleksi dengan menggunakan alat shorting khusus sampai waktu roasting yang sudah melalui proses trial yang ketat.

Cafe ini terlihat elegan dan ekslusif terutama ketika cahaya matahari langsung masuk ke dalam ruangan untuk membantu penerangan di siang hari. Halamannya pun luas, namun area outdoor baru bisa dinikmati dari jam 17.00 WIB. Cafe ini buka dari pukul 10.00 – 24.00 WIB. Maison Daruma tidak hanya menyediakan menu kopi saja, namun ada juga makanan berat seperti nasi goreng, mi kuah, mi goreng, spageti, burger, croissant dan makanan ringan lain pendamping kopi. Sobat Visiting Jogja bisa menikmati menu di sini mulai dari Rp 15.000 dengan suasana khas Jepang yang membuat betah berlama-lama. (san/dna)