Kelurahan Tahunan di Kecamatan Umbulharjo memiliki Kampung Wisata yang bernama Kampung Wisata Tahunan. Kampung Wisata Tahunan merupakan salah satu kampung wisata berkembang di kota Yogyakarta. Selain menjadi kampung wisata yang memiliki potensi di bidang seni-budaya, Kampung Tahunan juga memiliki potensi lain yang khas pada nilai sejarah perkembangannya. Sebagai Kampung Wisata yang terbentuk pada tahun 2010, Kampung Tahunan memiliki potensi-potensi yang sudah terbentuk dalam jangka waktu yang tidak singkat. Kampung Wisata Tahunan memiliki beberapa potensi wisata yang menarik, diantaranya, yaitu:

  • Wisata budaya. Kampung Tahunan merupakan kampung adat yang kepemilikan tanahnya diberikan langsung oleh Sri Sultan pada masa itu kepada Lurah Desa yang dipilih. Peninggalan dari Lurah Desa pertama tersebut masih terjaga hingga kini meski terdapat beberapa penambahan renovasi sesuai kebutuhan pemilik. Peninggalan tersebut berupa pendapa dan rumah tinggal yang letaknya berada di belakang Makam Pahlawan Kusumanegara. Di Desa Tahunan juga terdapat tetua adat bernama Kyai Ndara Purba yang juga dimakamkan di Kampung Tahunan. Kampung Wisata Tahunan memiliki atraksi seni budaya khusunya seni karawitan klasik gaya Yogyakarta. Reputasi keberadaan atraksi karawitan di kampung wisata Tahunan bahkan sudah go international hal tersebut terbukti dengan adanya sebuah karya seorang empu seni karawitan warga Tahunan yang bernama Ki. Wasitodiningrat
  • Wisata Kerajinan. Kampung Tahunan memiliki beberapa sanggar yang memciptakan produk batik dan kain jumputan. Wisatawan yang berkunjung selain dapat membeli batik dan kain jumputan, juga dapat mempelajari cara membatik dan membuat kain jumputan khas Kampung Wisata Tahunan. Di beberapa sanggar yang ada secara aktif menyelenggarakan workshop dan pelatihan pembuatan batik bagi para wisatawan, mulai dari proses awal, hingga proses akhir. Kampung Wisata Tahunan dikenal dengan kuliner khas Ampyang dan Gendong Tenong yang menjadi andalan dan disajikan kepada wisatawan yang berkunjung ke Kampung Wisata Tahunan.

Fasilitas: Kampung Wisata Tahunan memiliki 5 homestay yang terdiri dari 10 kamar, sehingga wisatawan dapat menginap dan dapat merasakan pengalaman tinggal di Kampung Tahunan.

—> Contact Person: Ratmono – 081328860490 & Surani – 082138915749 <—

Itinerary Paket Sehari

NoPukul/WaktuAcara/Kegiatan
1.08.30-09.00Welcome drink dan Musik Gejog lesung
2.09.00 – 09.30Napak Tilas Ki. Hajar Dewantara
3.09.30 – 10.00Atraksi seni pertunjukan Reog Panji
4.10.00 – 11.00Workshop dan pembuatan kostum Tokoh super hero
5.11.00 – 13.00Interaksi sosial dan belajar jumputan
6.13.00Makan siang

 

Sumber:

Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta

Maria Nersiartista Putri – Univ. Atma Jaya Yogyakarta

Sumber Video: Youtube Courtesy

Scan QR Code

Lokasi

Video