Pada hari Kamis, 23 Januari 2020 yang lalu, Dinas Pariwisata DIY resmi meluncurkan Calendar of Event 2020. Peluncuran kalender ini bertempat di destinasi wisata Lintang Sewu, Mangunan, Yogyakarta dimulai pukul 19.00 WIB. Dipilihnya lokasi ini sebagai tempat peluncuran adalah untuk memperkenalkan wisata Lintang Sewu kepada masyarakat luas. Di Lintang Sewu sendiri terdapat fasilitan camping yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan yang ingin berkemah di sekitar hutan pinus tanpa harus repot menyiapkan peralatan tenda. Jika malam hari, wisatawan juga tidak perlu khawatir akan penerangan yang ada di sana karena sudah disediakan lampu-lampu di sekitar perkemahan.

Hujan yang sempat mengguyur kawasan Mangunan pasa sore hari saat peluncuran kalender event menambah dingin suasana di lokasi acara yang berada di ketinggian ini. Suasana dihangatan dengan pembukaan tarian kolosal Nitik Siti Wangi yang berhasil membuat undangan tidak mengalihkan pandangan. Tarian Nitik Siti Wangi menceriktakan tentang kisah dari Sultan Agung (Panembahan Agung Hanyakrakusuma) yang tengah mencari tanah untuk dijadikan sebagai tempat pemakaman Raja. Selain menjadi atraksi kesenian di kawasan Mangunan, pertunjukan ini juga bisa memberi edukasi mengenai sejarah Sultan Agung.

Pertunjukan yang ditampilkan dalam peluncuran kalender event tidak hanya itu saja. Ada juga tarian persembahan dari koreografer Anter Asmorotedjo yang mengiringi pemutaran video peluncuran kalender event dengan menampilkan peraga ikon-ikon event. Kemudian acara ditutup dengan penampilan dari Lumbung Artema Band yang menggabungkan musik gamelan dan modern. (san/dna)