Pekan Budaya Tionghoa 2020 kali ini hadir dengan tema “The Cultural Color of Wonderful Indonesia” resmi dibuka tadi malam (2/2/2020) dengan perayaan yang sangat meriah dalam Malioboro Imlek Carnival 2020. Perayaan tahun ini dinilai lebih meriah dibandingkan dengan tahun lalu, karena tahun lalu hujan mengguyur saat karnaval berlangsung sehingga masyarakat yang menyaksikan kurang dapat menikmati pertunjukan yang disuguhkan. Karnaval tahun ini, walau sempat diguyur hujan lebat pada siang sampai sore hari, namun malam harinya cuaca cerah dan karnaval berhasil memukau ribuan pasang mata yang menyaksikannya.

Malioboro Imlek Carnival dimulai dari jam 18.00 wib hingga 22.00 wib dimulai dari Parkir Abu Bakar Ali hingga titik 0 km Yogyakarta. Bukan hanya menyajikan liong, barongsai, wushu, dan segala hal yang berhubungan dengan masyarakat Tionghoa, namun juga ada beberapa kesenian Indonesia lainnya seperti Reog yang dapat kita saksikan tadi malam.

Pertunjukan inti di tampilkan di 0 km Yogyakarta, yang dipadati ribuan masyarakat yang berjubel ingin menyaksikan pertunjukan yang ditampilkan. Acara ini bukan hanya menarik perhatian masyarakat Yogyakarta saja, namun banyak pula masyarakat dari luar Yogyakarta juga turut datang ke Yogyakarta guna menikmati pertunjukan yang diadakan setiap tahun sekali ini.

Diantara meriahnya karnaval yang diadakan sepanjang jalan Malioboro hingga titik 0 km, ada pula kemeriahan lain yaitu di area kampung Ketandan yang berada tepat di utara Pasar Beringharjo atau dapat pula masuk dari jalan Malioboro. Area ini menyuguhkan serba serbi khas Tionghoa berupa makanan, benda-benda khas dari Masyarakat Tioghoa serta pertunjukan seni khas mereka. Namun kalian tidak perlu khawatir, karena selain serba serbi khas Tionghoa ada pula stan-stan kuliner yang sangat lengkap hadir memeriahkan Pekan Budaya Tionghoa 2020 ini. Sehingga masyarakat yang berkunjung kesini dapat menikmati berbagai kuliner dan hiburan yang menarik dan beragam.

Selamat menikmati Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta 2020 yang akan diselengarkan 1 pekan kedepan hingga 8 Februari 2020 dengan hiburan, perayaan dan kemeriahan yang berbeda-beda setiap harinya. See you there! (san/yas)