Event Malioboro Selasa Wage telah menjadi salah satu alternatif wisata hiburan yang selalu ditunggu oleh masyarakat. Banyak masyarakat datang ke kawasan Malioboro tidak hanya sekedar menyaksikan pertunjukan yang disediakan namun juga sebagai ajang berkumpul dengan teman-teman maupun keluarga menikmati suasana Malioboro yang bebas dari kendaraan bermotor. Banyak juga para komunitas bersepeda dari berbagai daerah yang mengunjungi event ini.

Setiap Selasa Wage, Jalan Malioboro ditutup untuk kendaraan bermotor dari pukul 06.00 – 22.00 WIB. Jalan Malioboro hanya bisa dilewati kendaraan tertentu seperti Transjogja, kendaraan tidak bermotor (andong, sepeda dan becak), Damkar, Ambulance, Kendaraan Patroli Kepolisian, Kendaraan Kebersihan Malioboro dan Kendaraan Dinas Tertentu. Penutupan jalan ini merupakan upaya dalam rangka mewujudkan kawasan Malioboro sebagai kawasan ramah pejalan kaki.

Dinas Pariwisata DIY, Dinas Kebudayaan DIY dan stakeholder pariwisata lainnya menyediakan berbagai atraksi seni budaya pada sore sampai malam harinya untuk menghibur para pejalan kaki yang berkunjung ke Malioboro. Di sepanjang Jalan Malioboro dari ujung utara hingga selatan disulap menjadi panggung bagi para seniman untuk menampilkan bakatnya di hadapan masyarakat. Kegiatan yang dilaksanakan di event Malioboro Selasa Wage antara lain pertunjukan musik, flashmob, sendratari, line dance, senam, talkshow, pameran, perpustakaan keliling, pentas budaya, edukasi budaya, paduan suara, potong rambut suka-suka dan berbagai pertunjukan menarik lainnya. (san/dna)