Dalam rangka meningkatkan kapastitas SDM KUKM (Sumber Daya Manusia Koperasi dan Usaha Kecil Menengah) di Sektor Pariwisata DIY , Kementerian Koperasi dan UKM bersinergi dengan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Yogyakarta mengadakan “Pelatihan Manajemen SDM KUKM Berbasis Kompetensi Bagi Pengelola Hotel/ Homestay”. Pelatihan di adakan selama 3( tiga hari) pada tanggal 24-26 Februari 2020, bertempat di Hotel Grand Tjokro Yogyakarta.

Acara Pelatihan dibuka langsung oleh Menteri Koperasi dan UMK, Bapak Tatang Masduki, dilanjutkan dengan persembahan atraksi tarian, bentuk support dari Dinas Pariwisata DIY. Pada kesempatan itu sebanyak 30 peserta yang berasal dari Desa wisata di 4 Kabupaten di DIY, yaitu Desa Nglinggo, Desa Wisata Grogol, Desa Wisata pancoh, Segajih live in, Desa wisata Pacarejo, dan Desa wisata Nglanggeran, para peserta antusias mengkuti kegiatan tersebut. Materi yang disampaikan meliputi Pelatihan Kewirausahaan berbasis manajemen usaha/bisnis, Pelatihan Manajemen SDM berbasis Kompetensi, Pelatihan manajemen organisasi dan pengelolaan Koperasi, serta Pelatihan vacational bagi SDM KUKM di daerah Pariwisata.

Tujuan adanya pelatihan ini pengelola hotel/homestay agar lebih berkualitas dan profesional dalam menjalankan pekerjaannya terkait menghadapi tantangan ketatnya persaingan dan tuntutan konsumen (Customer Demand).(dev)