“Dalam kesehatan terdapat kebebasan. Kesehatan adalah hal paling pertama dalam semua kebebasan.” – Henri Frederic Amiel.

Kita bisa berbuat apa saja ketika dalam kondisi sehat, makan apapun serasa nikmat, melakukan aktivitas fisik juga tidak bermasalah.

Hal ini berbanding terbalik dengan keadaan orang sakit yang tak bisa pergi ke manapun yang diinginkan, untuk tidur saja tidak nyenyak, makan juga tidak enak, apalagi untuk menjalankan rutinitas sehari-hari.

Nasihat inilah yang menjadi spirit bagi seluruh Staff Dinas Pariwisata DIY untuk melakukan senam pagi setiap hari Jumat sebelum memulai rutinitas perkantoran.  Bertempat di halaman belakang Kantor Dinas Pariwisata DIY nampak antusiasme karyawan mengikuti senam pagi yang di pandu oleh instruktur.

Tidak hanya menjaga kebugaran tubuh, senam juga bisa meningkatkan silaturohmi, dan komunikasi dalam rangka meningkatkan kinerja karyawan.  Berikut beberapa manfaat yang bisa kita ambil manfaat dari senam di pagi hari :

  1. Meningkatkan Konsentrasi                                                                                  Senam pagi sebelum bekerja mampu meningkatkan konsentrasi. Manfaat ini sangat baik untuk menunjang pekerjaan setiap hari.
  1. Menjaga Kebugaran                                                                                            Gerakan senam pagi bisa melancarkan sistem peredaran darah sehingga tubuh mendapatkan pasokan oksigen dan nutrisi yang cukup. Hasilnya, Sahabat Pengayoman terlihat lebih sehat dan bugar.
  1. Mengurangi Risiko Osteoporosis                                                                            Senam pagi dapat menyeimbangkan dua sel yang sangat penting untuk kesehatan tulang yaitu osteoclast dan osteoblast. Pembentukan tulang pun berjalan optimal dan terhindar dari risiko osteoporosis.
  1. Memberikan Perasaan Bahagia                                                                                Senam pagi dapat merangsang otak untuk melepaskan hormon endorfin yang memicu perasaan senang, tenang, dan bahagia.

Tak perlu lama-lama berolahraga cukup luangkan waktu sebentar di pagi hari. Lakukan hal ini secara teratur agar hasilnya maksimal.(ida)