Foto : ngadem.com

Anda pecinta kopi dengan cita rasa otentik? Anda kebetulan sedang jalan-jalan di Jogja? Nah, cocok! Mumpung di Jogja jangan sampai anda kelewatan untuk mencoba Kedai Kopi Menoreh Pak Rohmat. Karena anda akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dari coffe shop kebanyakan. Kok bisa? Yuk simak dahulu!

Hidden Gem buat Pecinta Kopi Otentik

Kedai kopi ini cukup tersembunyi dari riuhnya suasana Kota Jogja. Berlokasi di daerah Madigondo, Sidoharjo, Samigaluh, Kulon progo. Memang kalau pusat Kota Jogja kita harus menempuh waktu kurang lebih satu jam untuk mencapai kedai kopi yang sangat populer bagi warga Jogja khususnya Kulon Progo.

Namun, dijamin anda tidak akan menyesal justru akan ketagihan untuk nongkrong di sini. Dari arah Jogja anda bisa menyusuri jalan Godean hingga sampai pertigaan bernama Kenteng. Dari pertigaan Kenteng, pilih arah kanan menuju Magelang. Terus ikuti jalan hingga anda menemukan papan petunjuk jalan bertuliskan Desa Wisata Banjarasri.

Lalu belok kiri dan ikuti jalan sampai anda menemukan papan bertulisan Kedai Kopi Menoreh Pak Rohmat. Suasana yang masih alami dan khas pedesaan tentu tidak akan dengan mudah anda temui di tempat lain. Apalagi di kota-kota besar.

Kopi Tradisional Citarasa Fenomenal

Semua jenis kopi yang dijual di kedai ini dibuat sendiri oleh Pak Rohmat. Mulai dari panen, roasting, proses brew, sampai kopi siap dihidangkan, semua dilakukan secara tradisional. Terdapat berbagai macam kopi yang ditawarkan, namun yang menjadi unggulan adalah kopi lanang dan kopi luwak.

Anda pasti sudah mengetahui bahwa kopi luwak salah salah satu kopi termahal di dunia, tapi kalau kopi lanang mungkin masih cukup asing di telinga anda. Kopi lanang adalah kopi yang bijinya berkeping satu. Perlu anda ketahui bahwa biji kopi pada umumnya berkeping dua atau dikotil. Selain keping bijinya yang unik, dari segi ciyarasa juga berbeda dari kopi biasa. Kopi lanang ini memiliki aroma yang lebih wangi dan komposisi rasa yang full.

Variasi Menu Komplit tapi Tak Membuat Dompet Menjerit

Kedai kopi yang buka mulai pukul 08.00 hingga pukul 22.00 ini menawarkan menu yang cukup beragam. Bahkan menu selain kopi juga disediakan sehingga anda tidak perlu khawatir ketika membawa keluarga anda yang tidak bisa meminum kopi. Secara garis besar menu di sini terbagi menjadi empat, yaitu wedangan, camilan, dhaharan, dan kopi kemasan. Menu wedangan sesuai dengan namanya dalam bahasa Jawa yang berarti minuman, tersedia kopi sebagai menu utama dengan variasi kopi luwak original, kopi lanang, kopi robusta kopi arabika, kopi ijo, hingga kopi susu. Jika anda memiliki riwayat kesehatan yang tidak memperbolehkan anda mengonsumsi kopi namun tetap ingin bersantai di sini jangan khawatir. Pilihan minuman mulai dari wedang jahe hangat hingga coklat panas juga siap anda pilih sembari berkumpul bersama keluarga.

Tapi tentu tidak lengkap jika kita hanya menikmati minuman saja. Camilan atau jajanan ringan seperti geblek, ketela rebus, dan kacang rebu bisakita pesan. Sedangkan menu dhaharan atau makanan berat berupa nasi goreng, ayam kampung goreng, hingga rica-rica entok siap menggoyang lidah anda. Nah, buat anda yang sedang berhemat di tanggal tua juga bukan jadi alasan untuk menunda berkunjung ke kedai kopi ini. Karena harga yang dipatok untuk tiap menunya sangat terjangkau. Mulai dari Rp 10000 anda juga sudah bisa mendapatkan kopi hangat yang sangat pas untuk melengkapi suasana pegunungan yang dingin.

Ketika anda jalan-jalan ingin membelikan keluarga di rumah oleh-oleh. Anda tak perlu khawatir karena selain menyajikan kopi yang diseduh, kedai kopi pak Rohmat ini jugha menyediakan bubuk kopi dalam kemasan yang dapat anda bawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh yang istimewa. Meskipun semuanya serba homa-made namun kualitas dan keamanannya terjamin. Semua kopi produk pask Rohmat telah dilengkapi dengan ijin P-IRT yang jelas sehingga anda tidak perlu was-was. Kopi kemasan ini dipatok dengan harga mulai dari Rp 15.000.