Foto : m.guideku.com

Wisata di Kota Jogja memang tidak pernah ada habisnya. Wisata budaya, wisata belanja, hingga wisata kuliner siap memanjakan anda. Nah, tentu Malioboro menjadi destinasi wajib yang harus anda kunjungi untuk berburu oleh-oleh, bukan? Tak hanya berbelanja oleh-oleh, di Malioboro kita juga bisa berburu street food Jogja yang berbeda dengan daerah lainnya.

Banyak street food Jogja yang menawarkan beraneka jenis jajanan dengan harga yang ramah di kantong namun dengan kualitas rasa yang tidak perlu diragukan. Salah satu kuliner street food yang tidak boleh anda lewatkan di Malioboro adalah Lumpia Samijaya. Lumpia ini terletak di Jalan Malioboro tepatnya di depan Hotel Mutiara.

Jangan berharap anda akan menemukan restoran Lumpia yang mewah karena memang lumpia ini dijual menggunakan gerobak dorong. Namun, anda tak boleh menyepelekan. Lumpia Samijaya sudah ada sejak 1970 dan menjadikannya sangat legendaris. Tidak heran jika lumpia ini diminat banyak orang sehingga ketika anda kesini anda sudah harus bersiap dengan waiting list yang cukup panjang. Namun dijamin waktu menunggu yang lama akan terbayar lunas dengan cita rasa lumpia yang sangat lezat.

Sejak berdiri, lumpia Samiwijaya hanya menyediakan dua menu lumpia otentik. Lumpia ayam yang berisi  sayuran dan daging ayam serta lumpia special yang berisi sayuran, daging ayam, dan telur puyuh. Berbeda dengan lumpia lain yang biasanya menggunakan rebung sebagai bahan isiannya, lumpia ini menggunakan buah bengkoang sebagai gantinya. Lumpia yang dihasilkan pun menjadi lebih harum dan segar.

Ini menjadi salah satu yang membuat Lumpia Samiwijata unik dan berbeda dari yang lainnya. Harga satu buah lumpia dipatok Rp 4500 untuk lumpia ayam dan Rp 5000 untuk lumpia special. Jangan kaget dengan harga yang mungkin terasa lebih mahal bila dibandingkan lumpia pada umumnya. Lumpia Samiwijaya berukuran besar, padat, dan isinya juga tidak sembarangan. Dari segi tekstur, kulit lumpia matang dengan sempurna dan kriuknya sangat renyah. Isian bengkoangnya yang unik memberi cita rasa yang gurih namun juga manis, penasaran bukan?

Meskipun dijual dengan gerobak anda tetap bisa menikmati lumpia ini di lokasi. Terdapat beberapa kursi khusus untuk pembeli yang ingin makan langsung di lokasi. Lumpia akan disajikan di atas piring kecil lengkap dengan acar plus kuah bawang putihnya. Sangat nikmat apalagi disantap ketika hujan ditemani orang tersayang.

Tidak hanya warga lokal saja lho yang menggemari lumpia Samijaya ini. Turis-turis asing yang menyusuri Malioboro pun banyak yang tertarik. Ohiya, anda juga bisa menjadikan lumpia ini sebagai oleh-oleh. Cukup katakan pada penjual bahwa anda ingin membelinya sebagai oleh-oleh maka anda akan disiapkan lumpia basah yang bisa digoreng di rumah. Lumpia ini mulai buka dari pukul 08.00 pagi hingga 21.00 malam