Foto : wisata.harianjogja.com

Berbagai sudut Jogja memiliki suguhan kuliner yang nikmat. Dari utara ke selatan, dari timur ke barat, banyak sekali pilihan yang selain bisa membuat anda bingung memilih juga akan membuat anda semakin lapar. Kali ini kita akan membahas kuliner Jogja dari sisi selatan. Bagi anda pecinta kuliner bebek wajib untuk mencicipi olahan bebek yang sudah berdiri sejak tahun 1996 ini. Kuliner ini bernama Bebek Goreng Umar Plenteng. Boleh dibilang memang jalan menuju rumah makan ini cukup jauh dari pusat kota Jogja.

Rumah makan ini berlokasi di Srigading, Sanden, Bantul, Yogyakarta. Hanya berjarak 2 km sebelum pantai Samas dan 3 km menuju pantai Goa Cemara. Detailnya dari arah kota Jogja anda berjalan lurus ke selatan menuju arah Pantai Samas hingga anda menemukan papan nama Bebek Goreng Umar Plenteng di depan sebuah gang.

Masuklah ke dalam gang tersebut hingga anda menemukan pertigaan, nah tepat di ujung jalan sebelah kiri berdiri Rumah Makan Bebek Goreng Umar Plenteng. Jangan khawatir tersesat, anda akan selalu menemukan papan penunjuk jalan menuju lokasi di setiap pertigaan ataupun gang. Jadi buat anda yang merencanakan liburan ke pantai Samas jangan lupa untuk mampir ya.

Bebek Goreng Umar Plenteng ini telah mempertahankan ciri khas olahannya lebih dari 20 tahun dan sudah terkenal seantero Bantul Yogyakarta. Untuk menunya jelas bebek goreng sebagai menu unggulan. Olahan bebek goreng di sini berbeda dengan olahan bebek pada umumnya. Jika biasanya bebek goreng cenderung alot, bebek goreng Umar Plenteng ini lembut, mudah digigit,dan yang pasti gampang ditelan.

Bumbunya juga meresap sempurna dilengkapi sambal bawang dan sambal terasinya yang semakin menambah selera makan anda. Sambal bawang juara pedasnya cocok untuk anda pecinta kuliner pedas, namun kalau anda suka sambal yang tidak terlalu pedas anda bisa memilih sambal terasi. Ditambah potongan mentimun segar sudah tak terbayang nikmatnya. Harga sepotong bebek goreng Umar Plenteng dipatok mulai dari Rp 25.000 namun jika anda ingin porsi yang utuh tersedia mulai dari Rp 100.000.

Jangan khawatir terkait porsi bebek di sini, karena daging bebek dipotong dengan ukuran besar sehingga pas dengan harga yang ditawarkan. Selain bebek, menu lain juga sangat direkomendasikan untuk dicoba, ada ayam goreng, entok goreng, dan rica-rica. Pilihan minumannya juga beragam, mulai dari es teh hingga jus buah tersedia di sini. Anda bisa datang kesini pada jam 10.000 hingga 23.00

Ada dua cara yang bisa anda pilih untuk menikmati sajian bebek goreng ini. Yakni sistem meja-kursi dan sistem lesehan, kursi dan mejanya berbeda dari rumah makan biasanya kaena terpasang memiliki bentuk yang panjang. Untuk lesehan sudah disediakan tikar di dakam rumah yang membuat suasana makan seperti benar-benar di rumah. Warung ini memang didesain seperti rumah di perdesaan, tentu ini bukan tanpa alasan. Pemilik berharap pengunjung merasa nyaman dan betah seperti layaknya di rumah.

Di bagian depan warung, terdapat dapur penggorengan dan tempat menyiapkan pesanan. Jadi anda bisa melihat langsung proses pengolahan bebek goreng pesanan anda. Jika anda berniat untuk berkunjung ke sini bersama keluarga sangat disarankan untuk membawa camilan ringan untuk menemani anda menunggu pesanan bebek goreng anda datang. Sudah menjadi rahasia khalayak kalau warung bebek satu ini selalu penuh dengan antrean setiap harinya.