Foto : @jogjabikinlaper

Jika anda berkunjung ke Jogja dengan menaiki kereta pasti anda akan turun di salah satu stasiun. Stasiun Tugu atau Stasiun Lempuyangan. Nah, jika anda kebetulan turun di stasiun Lempuyangan pada pagi hari tidak ada salahnya sebelum melanjutkan kegiatan berwisata anda mampir dahulu ke salah satu kuliner legendaris Jogja yaitu Jenang Bu Gesti. P

erlu anda tahu jenang satu ini sangat populer tidak hanya di kalangan masyarakat Jogja namun juga di kalangan pejabat tinggi seperti halnya Sultan Hamengkubuwono X gubernur DIY, Ibu Megawati, bahkan hingga Presiden Kedua RI Pak Harto. Sayang sekali bukan kalau sampai anda lewatkan.

Usaha jenang ini sudah dilakukan secara turun-temurun dari ibu mertuanya yang sudah berjualan jenang sejak tahun 1950. Walaupun sudah berpuluh-puluh taun sejak dirintis, namun Jenang Bu Gesti tetap konsisten dalam menjaga cita rasa jenang hingga sekarang.

Salah satu alasannya adalah Bu Gesti tetap mempertahankan tungku tradisonal untuk memasak jenang. Saat ini Jenang Bu Gesti ini bisa anda temui di sisi selatan Pasar Lempuyangan. Anda tak perlu bingung, karena ketika anda memasuki pasar dan menuju ke arah selatan pasti anda akan langsung menemukan pedagang jenang yang ramai dan antre oleh pembeli.

Jenang Bu Gesti menawarkan banyak jenis jenang. Ada jenang candil, yaitu jenang yang yerbuat dari beras ketan dan gula jawa. Ada jenang sum sum yang terbuat dari tepung beras berwarna putih dan cokelat. Ada juga jenang mutiara atau monte yang terbuat dari tepung kanji mutiara. Anda bisa memesan jenang sesuai selera anda, bisa juga anda meminta jenang kombinasi.

Setelah anda menentukan jenang mana yang anda beli selanjutnya Bu Gesti akan mengambil jenang dan meletakkannya pada wadah daun pisang yang disebut dengan pincuk. Bungkus daun pisang ini adalah salah satu ciri khas Jenang Bu Gesti. Jenang yang anda pesan lalu akan disiram dengankuah santan bercampur gula yang rasanya manis-manis gurih.

Meskipun Jenang Bu Gesti Lempuyangan ini sangat terkenal karena rasanya yang enak namun Bu Gesti tidak mematok harga yang mahal. Mulai dari Rp 5000 saja anda sudah bisa mencicipi satu porsi jenang dengan varian mana saja yang anda sukai. Ketika anda kesana harap untuk bersabar karena sudah pasti akan banyak pembeli yang mengantri. Jangan heran jika antrean mengular dari belasan hingga puluhan orang memenuhi lorong pasar hanya untuk membeli jenang satu ini.

 

Apalagi jam buka Jenang Bu Gesti ini cukup singkat, mulai dari jam 08.00 sampai dengan jam 10.00 Tak jarang sebelum jam 10.00 jenang sudah ludes diserbu pembeli. Sangat disarankan bagi anda untuk datang lebih awal apalagi saat weekend dijamin antrean sangat panjang sekali. Bisa-bisa anda kehabisan jika datang sedikit siang saja.