Foto : meciko.blogspot.com

Bagi pecinta kuliner, Jogja tidak pernah mengecewakan. Selalu saja hadir inovasi kuliner baru namun tetap teguh mempertahankan eksistensi karakteristik tradisional yang khas. Pusat Kota Jogja jelas sudah terkenal dengan segala bentuk kulinernya yang memanjakan lidah. Namun mungkin anda belum semoat mencoba kuliner yang berada di kabupaten lain seperti halnya Bantul yang tak kalah menggodanya.

Salah satu yang tak boleh anda lewatkan adalah Tiwul Ayu Mbok Sum. Tiwul adalah salah satu kue tradisional Khas Jogja yang terbuat dari tepung gaplek atau singkong yang dikukus. Jajanan tradisional ini masih bisa kita temui di pasar-pasar tradisional. Namun, di Tiwul Ayu Mbok Sum dijamin anda akan sensasi tiwul yang berbeda. Sesuai namanya, ayu, tiwu-tiwul produksi MbokSum ini memang “ayu” dan berbeda dari tiwul pada umumnya. Warung ini berlokasi di Jalan Mangunan km 4,5 Dlingo, Mangunan, Bantul.

Alami tanpa bahan pengawet

Di zaman yang serba modern ini sangat susah menemukan makanan uang serba alami dan tanpa pengawet yang membahayakan. Namun Mbok Sum sang pemilik tetap berpendirian teguh untuk mempertahankan citarasa alami dari tiwul buatannya. Tiwul Ayu Mbok Sum ini sama sekali tidak menggunakan pengawet jadi dijamin aman untuk kesehatan. Karena murni bahan alami tak heran jika tiwul Ayu Mbok Sum ini hanya tahan selama 2×24 jam di dalam suhu ruangan. Pengunjung juga bisa melihat proses pembuatan tiwul di bagian dapur yang masih menggunakan cara tradisional dengan tungku kayu bakar yang sekaligus membuat tiwul ini beraroma sangat khas. Rasa dari makanan satu ini cukup unik, manis, gurih , dan teksturnya lembut apalagi bila disantap ketika masih hangat.

Variasi Rasanya Beragam

Salah satu keunikan sekaligus yang menjadi unggulan dari warung Mbok Sum ini adalah inovasi rasa yang beragam. Walaupun sudah berdiri sejak tahun 1997 Mbok Sum baru mulai memberi inovasi rasa pada tiwul buatannya. Mbok Sum ingin tetap melestarikan makanan tradisional khas Gunung Kidul ini, tidak ingin makanan tradisional khas tergempur oleh makanan modern. Jika biasanya anda hanya akan menemui tiwul dengan rasa manis dan gurih, di sini anda akan menemukan rasa gula jawa, rasa gula pasir, rasa coklat, rasa sambal, bahkan rasa keju. Semua jenis tiwul tersebut memiliki tekstur yang kenyal dan lembut. Anda juga bisa mengkombinasikan semua varian agar lebih mantap. Sangat menarik, bukan?

Ketika membeli andapun boleh memilih ukuran tiwul, mulai dari yang kemasan kotak kecil, ukuran kotak besar, hingga tiwul yang berukuran jumbo dengan wada cheting atau tempat nasi tradisional dari bambu. Di sini anda juga bisa memesan tiwul original dengan paduan ayam. Tiwul memang terkenal sebagai makanan pengganti bahan pokok seperti nasi pada zaman dahulu. Anda tidak perlu khawatir dengan rasanya karena menu yang khusus ini memang diracik dengan bumbu rempah khusus yang lengkap. Selain ayam, anda juga bisa menambahkan tempe goreng dan sayur lodeh yang semakin membuat lidah anda tak sabar untuk menyantapnya.

Tiwulnya Ayu Harganya Tak Bikin Dompet Ngilu

Meskipun memiliki rasa yang unik dan dikemas dalam kotak yang sangat menarik. Harga Tiwul Ayu mbok Sum ini terbilang terjangkau. Harga tiap paket menunya berkisar antara Rp 8000 hingga Rp 17.000. Uang yang anda keluarkan akan sangat sebandung dengan rasa tiwul ayu yang sangat lezat apalagi ketika disantap ketika masih hangat. Warung tiwul ini buka setiap hari mulai dari jam 05.00 hingga jam 19.00 WIB.