Foto : tuguwisata.com

Kulon Progo menyimpan beragam pesona wisata alam yang sangat indah dan tentunya masih asri. Air terjun atau curug menjadi destinasi wisata andalan Kabupaten paling barat DIY ini. Terdapat beragam jenis air terjun di Kawasan Perbukitan Menoreh. Salah satu yang sedang naik daun adalah Air Terjun Kembang Soka. Air terjun Kembang Soka terletak di kawasan Gunung Kelir, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo. Lokasinya memang cukup jauh dari pusat Kota Jogja.

Dari Kota Jogja kamu bisa berjalan ke arah lampu merah Demak Ijo, lalu ambil ke arah kiri menuju Jalan Godean. Ikuti terus jalan hingga kamu menemukan Pasar Godean. Ikuti jalan melewati Pasar Godean hingga kamu berhasil menyeberangi Sungai Progo. Setelah itu kamu akan menemukan perempatan Nanggulan, ambil jalan ke arah barat menuju Pegunungan Menoreh.

Ikuti jalan ke arah Goa Kiskendo, setelah melewati Goa kamu akan kembali ketemu dengan pertigaan, ambil jalan ke arah kiri menuju Grojogan Mudal. Lalu kembali pilih jalan ke arah kiri hingga kamu menemukan gapura selamat datang.  Cukup mudah diakses kan? Namun kamu harus tetap berhati-hati ya, apalagi ketika kamu kesini saat musim hujan. Jalanan akan licin dan membahayakan apalagi banyak tikungan tajam. Ohiya pastikan kamu dalam keadaan sehat ya karena kamu masih harus berjalan kaki lumayan panjang dari area parkir menuju ke lokasi air terjun. Tapi percayalah, dijamin kamu akan takjub dengan pesona Air Terjun Kembang Soka yang tak ada duanya ini.

Air Terjun Kembang Soka adalah air terjun tertinggi diantara air terjun lain di kawasan Perbukitan Menoreh. Jadi tidak heran jika volume tumpahan airnya sangat deras hingga dijadikan sumber pengairan oleh warga sekitar. Air terjun ini merupakan hasil pertemuan dari tiga sumber mata air, yaitu mata air Kembang Soka, mata air Tuk Jaran, dan mata air Kalimiri. Ketika mata air menjelma menjadi air terjun setinggi kurang lebih 5 meter, 15 meter, dan 30 meter. Kemudian ketiganya berpadu menjadi satu aliran air yang besar dengan ketinggian sekitar 40 meter. Batu-batu berwarna kekuningan dan bendungan air yang dibuat menyerupai kolam membuatmu tak akan bisa menahan diri untuk segera turun dan bermain air.

Aktivitas utama yang bisa kamu lakukan di sini tentu bermain air dan menikmati keindahan air terjun Kembang Soka. Segarnya udara pegunungan, ditambah dengan suara gemericik air terjun membuat segala beban dari menumpuknya tugas ataupun pekerjaan yang bejibun seakan lenyap begitu. Kamu bisa duduk berelaksasi di tepi air terjun sembari menenangkan jiwa. Fasilitas di kawasan wisata air ini sudah cukup lengkap. Tersedia area parkir yang cukup luas, toilet dan kamar mandi yang memadai, spot foto yang pasti membuat feed instagrammu menarik, dan warung-warung yang menjual aneka makanan. Bahkan jika kamu ingin di sini selama beberapa hari juga sudah tersedia penginapan yang dikelola warga sekitar.

Nah, kalau kamu sudah bermain air, sudah hunting foto, sudah menyantap makanan di pinggir air terjun, tetap belum afdol kalau kamu belum merasakan berenang dan mandi di kolam mata air Kembang Soka. Biaya yang dipatok di kawasan wisata Air Terjun Kembang Soka masih sangat terjangkau. Hanya Rp 10.000, – saja per orangnya. Sedangkan untuk parkir motor hanya perlu membayar Rp 2000, -.