Foto : jejakpiknik.com

Gunung kidul terkenal dengan wisata alam pantai pasir putih yang indah. Namun tahukah anda bahwa ada pantai di Gunung Kidul yang unik dan berbeda dengan pantai-pantai Gunung Kidul pada umumnya? Pantai tersebut adalah Pantai Kesirat. Pantai ini terletak di Dusun Wikoso, Girikartom, Panggang, Gunung Kidul. Pantai ini tepat bersebelahan dengan pantai Wohkudu. Jadi jika anda sudah merencanakan untuk mengunjungi Pantai Wohkudu maka sangat disarankan untuk mampir ke pantai ini sekaligus menikmati sunset di sore hari.

Lokasinya yang berada di Gunung Kidul membuat kita harus sedikit bersabar menempuh jarak yang cukup jauh dari pusat Kota Jogja. Dari pusat Kota Jogja anda bisa berjalan menuju Piyungan hingga bertemu dengan pertigaan Lanud TNI Angkatan Udara, lalu pilihlah jalan menuju Playen hingga bertemu dengan Puslatpur milik TNI Angkatan Darat dan menjumpai pertigaan lagi, lalu pilih jalan menuju ke SD N 1 Jetis dan Girikarto. Ikuti saja jalur yang ada hingga menemukan pantai Kesirat.

Pantai Tebing dengan Senja yang Indah

Mungkin bagi anda pantai ini masih terdengar asing di telinga. Tapi jangan salah, pantai ini menarik. Jika pantai lain biasanya berpasir putih, pantai Kesirat tidak memiliki pasir yang landai. Di sana hanya terdapat tepi pantai dengan jajaran tebing yang curam. Ketika berkunjung ke pantai ini jangan berharap anda bisa berkejar-kejaran dengan ombak pantai ataupun bermain pasir. Tapi sebagai gantinya anda akan disuguhkan rahasia dari pantai yang belum terlalu dijamah manusia ini. Yakni pemandangan senja yang nyaris sempurna. Tempat ini diklaim sebagai salah satu spot terbaik di Gunung Kidul untuk menyaksikan senja. Di pantai ini anda bisa memandang sunset dengan sangat jelas karena tidak ada penghalang apapun. Tidak ada pepohonan, batu karang, ataupun bangunan. Salah satu hal yang menarik dan sekaligus menjadi ikon dari Pantai Kesirat adalah adanya sebuah pohon yang menjorok ke laut. Pohon ini sangat menarik, saat musim hujan pohon akan terlihat rimbun penuh dengan daun-daun hijau, namun sebaliknya saat musim kemarau pohon ini akan menggugurkan daunnya hanya menyisakan batang dan rantingnya yang tetap berdiri kokoh. Pohon yang disebut sebagai pohon abadi ini membuat pemandangan sunset di senja hari semakin sempurna.

Tempat Kemping yang Asyik

Selain sebagai salah satu spot terbaik untuk menikmati senja dengan sunsetnya yang syahdu. Pantai ini juga bisa dijadikan sebagai lokasi camping yang murah dan nyaman. Padang rumput yang luas ditambah angin pantai yang semilir sangat pas untuk didirikan tenda. Pada malam hari, suasananya pun tak kalah eksotis. Anda bisa melihat taburan bintang di langit indah.

Namun anda jangan heran bila di Pantai Kesirat anda belum menemukan fasilitas umum yang lengkap layaknya di pantai-pantai yang lain. Memang pantai ini belum banyak dikenal wisatawan sehingga belum dibangun fasilitas yang lengkap. Tapi tenang, di sana sudah tersedia toilet umum dan warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman untuk menjadi teman anda menikmati sunset di senja hari.

Buat anda yang hobi memancing, Pantai Kesirat adalah salah satu fishing spot terbaik di Gunung Kidul, Ada berbagai jenis ikan yang bisa anda dapatkan di wilayah pantai ini. Namun, anda harus tetap berhati-hati ya karena tebing pantai ini sangat curam.

Lekat dengan Budaya

Masyarakat sekitar pantai masih memegang teguh adat dan istiadat hingga saat ini. Mereka masih menggelar tradisi ritual rutin untuk ngalap berkah yang disebut dengan brubuh-brubuh. Brubuh-brubuh biasanya digelar satu tahun sekali.Tradisi ini digelar sebagai sarana untuk mengucapkan syukur kepada Tuhan atas segala keberkahan dan untuk menjaga keseimbangan alam. Masyarakat setempat sangat menjunjung tinggi keseimbangan alam, mereka bahkan tidak boleh sembarangan menebang pohon. Mereka boleh menebang pohon di waktu-waktu tertentu salah satunya ketika tanaman padi di sawah sudah menguning atau sebelum waktu panen tiba.

Tiket Masuk yang Murah

Dikarenakan belum banyak wisatawan yang mengetahui Pantai Kesirat, tiket masuknya pun masih sangat terjangkau. Hanya Rp 5000 saja. Sedangkan biaya parkir hanya Rp 2000, – untuk motor dan Rp 5000, – untuk mobil.