Foto : eksotisjogja.com

Apakah anda berencana untuk liburan ke Gunungkidul? Apakah anda ingin berwisata ke kawasan pantai? Jika iya maka Pantai Nguyahan harus masuk ke dalam itinerary anda. Pantai Nguyahan adalah salah satu pantai di Gunungkidul yang lokasinya di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul. Tepatnya di sebelah barat Pantai Ngobaran. Dari pusat Kota Jogja anda bisa berjalan menuju ke arah Piyungan, lalu kemudian terus berjalan hingga sampai ke Pathuk. Daru Pathuk arahkan kendaraan ke Playen, Paliyan, Pasar Trowono, Kanigoro, lalu ikuti petunjuk ke arah pantai Ngobaran. Pantai Nguyahan terletak di sebelah Pantai Ngobaran.

Kurang lebih membutuhkan waktu 1,5 jam jika tidak terjebak macet. Akses menuju Pantai Nguyahan cukup mudah, bisa dilalui kendaarn roda dua maupun roda empat. Pantai ini memang belum lama dikembangkan sebagai destinasi wisata baru jadi wajar jika anda masih belum familiar dengan namanya. Namun pembangunan di sini sangat pesat. Fasilitas yang disediakan sudah cukup lengkap. Area parkir yang luas, toilet umum, mushola, dan tentunya deretan kios pedagang.

Lokasi Pantai Nguyahan dan Pantai Ngobaran sangat dekat. Hanya berjarak sekitar 200 meter saja. Pengunjung diberi pilihan untuk parkir di kawasan Pantai Ngobaran atau di Pantai Nguyahan. Walaupun berdekatan dengan Pantai Ngobaran, tetapi Pantai Nguyahan memiliki pesonanya tersendiri sehingga sangat sayang jika anda melewatkan pantai ini ketika berlibur di Gunungkidul.

Salah satu keunggulan dari pantai ini adalah pantainya yang landai dan masih bersih. Belum banyaknya wisatawan yang datang membuat Pantai Nguyahan seperti surga yang masih tersembunyi keindahannya. Pengelola pantai juga nampaknya sangat menyadari betul pentingnya menjaga kebersihan lingkungan pantai terlihat dari tong-tong sampah yang disediakan.

Asal usul nama Nguyahan tentu bukan tanpa alasan. Dahulu kata ketika Belanda masih menjajah Indonesia kawasan Pantai Nguyahan ini memang dikenal sebagai kawasan penghasil garam. Itulah sebabnya Pantai ini disebut dengan Pantai Nguyahan yang berasal dari kata “uyah” yang dalam Bahasa Indonesia berarti garam.

Di obyek wisata pantai satu ini pengunjung bisa berenang dan bermain pasir di pantai. Pantai ini memiliki karang-karang indah yang menjadi tempat tinggal ikan-ikan kecil beraneka warna. Mengamati binatang laut yang lucu menjadi aktivitas menyenangkan yang boleh anda coba di sini. Apalagi kawasan ini masih sepi wisatawan jadi suasananya masih asri dan belum banyak terkena campur tangan manusia. Hal menarik lain di Pantai Nguyahan adalah rumput lautnya. Biasanya rumput laut ini dipanen warga dan dijadikan sebagai olahan hasil laut yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Soal rasa tentu rumput laut di sini bisa diadu dengan rumput laut di pantai-pantai terkenal lain.

Keindahan Pantai Nguyahan yang tak kalah dari pantai lainnya adalah sunsetnya, Langit Pantai Nguyahan perlahan akan berubah menjadi oranye kemerahan membuat siapapun yang melihatnya takjub. Di pantai ini anda akan merasakan suasana senja yang sangat tenang dan teduh karena belum banyaknya wisatawan yang datang. Tentu momen seperti ini sangat jarang anda jumpai di pantai lain bukan? Lantai karang menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati senja di Pantai Nguyahan. Pastikan bawa kamera anda karena keindahan sunsetnya terlalu sayang untuk tidak diabadikan.

Di kawasan Pantai Nguyahan belum terdapat fasilitas penginapan maupun villa. Tetapi buka berarti hal ini menghalangi niat anda untuk menginap di sini. Anda bisa memanfaatkan area kemping di sekitar Pantai Nguyahan. Akan sangat menyenangkan jika anda datang secara rombongan dengan teman-teman anda. Salah satu hal wajib yang harus anda lakukan ketika kemping di Pantai Nguyahan adalah membakar ikan atau berpesta barbeque, dijamin sangat seru. Jangan lupa untuk bangun pada dini hari sekitar pukul 1 atau pukul  2 pagi. Kalau langit cerah maka kita akan disuguhi pemandangan ribuan bintang yang nyaris sempurna.

Itulah tadi sedikit review tentang Pantai Nguyahan. Buat anda yang penasaran untuk melihat keindahan dari Pantai Nguyahan, anda hanya akan dikenakan biaya Rp 5000, – saja untuk tiket masuk. Ditambah biaya parkir Rp 5000, – untuk kendaraan bermotor, dan Rp 10.000, – untuk mobil.