Foto : alodiatour.com

Wisata Kulon Progo tidak kalah dengan wisata daerah Jogja lainnya. Semakin hari, semakin banyak tempat wisata yang dikembangkan oleh warga setempat Kulon Progo. Wisata yang ditawarkan pun masih alami dan indah. Salah satunya ada air terjun yang terkenal dengan warna airnya dan keindahan alam yang memanjakan mata, Air Terjun Kedung Pedut.

Air Terjun Kedung Pedut ini bisa disebut hidden gems, sebab letaknya di antara Pegunungan Menoreh. Lokasi tepatnya berada di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo. Untuk mencapainya, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi dan melaju ke arah barat Jogja, dengan perkiraan 1 jam perjalanan. Dengan estimasi jarak Jogja dengan Air Terjun Kedung Pedut sekitar 35 kilometer, medan tempuhnya agak susah namun dapat dilalui.

Setelah sampai lokasi, pengunjung belum bisa melihat air terjun ini. Untuk melihat keindahan air terjun 2 warna ini, pengunjung diharuskan berjalan kaki, mendaki dan menuruni bukit untuk sampai ke lokasi Air Terjun Kedung Pedut. Namun jangan khawatir, rasa lelah berjalan kaki tersebut segera terlupakan saat melihat pemandangan ciamik saat berjalan. Hamparan sawah hijau dengan sistem terasering, dan deretan tebing yang menjulang tinggi akan dapat menghibur pengunjung.

Ketika tiba di lokasi Air Terjun Kedung Pedut, pengunjung akan dibuatnya terpesona. Air terjun yang begitu deras, dengan alam yang masih sangat asri dan jernihnya air, membuat pengunjung tidak sabar untuk menjelajahinya. Nama ‘Kedung Pedut’ ini berasal dari Bahasa Jawa, ‘Kedung’ artinya kolam dan ‘Pedut’ artinya berkabut. Istilah ‘Kolam berkabut’ ini disempatkan pada wisata ini sebab, derasnya air terjun yang mengalir mengenai bebatuan menciptakan buih-buih putih yang banyak seperti kabut. Sedangkan Air Terjun Kedung Pedut ini memiliki banyak ‘kolam renang’ yang alami.

Ada 5 kedung atau kolam alami di sini, yakni Kedung Merang, Kedung Merak, Kedung Wedok, Kedung Lanang dan Kedung Anyes. Kelima kedung ini memiliki kedalaman yang berbeda-beda, dari kedalaman 2 meter hingga 5 meter. Pengunjung diperbolehkan untuk berenang atau bermain air di kedung dengan tetap memperhatikan keselamatan.

Yang membuat unik Air Terjun Kedung Pedut adalah warna airnya. Berbeda dengan air terjun biasa, Air Terjun Kedung Pedut memiliki air berwarna putih dan tosca. Putih karena derasnya aliran air terjun yang membentuk buih, sedangkan warna air tosca diperkirakan dari pantulan sinar matahari yang mengenai bebatuan dari Pegunungan Menoreh ini.

Sumber air terjun ini berasal dari Sungai Mudal. Di mana Sungai Mudal ini juga menjadi sumber air terjun lainnya seperti Air Terjun Kembang Soka. Sungai Mudal ini juga menjadi mata air bagi warga Kulon Progo setempat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Selain berenang dan bermain air di air terjun ataupun di kedung-nya, pengunjung bisa berfoto atau berselfie ria di area sekitar wisata ini. Ada jembatan bamboo yang kokoh dan apik untuk pengunjung menyebrang dari batuan satu ke batuan lainnya. Ada pula spot-spot foto yang menarik dengan latar belakang Air Terjun Kedung Pedut ataupun kedung-kedung lain.

Harga tiket masuk Air Terjun Kedung Pedut tergolong murah, mematok harga Rp6.000/orang dan biaya parkir Rp3.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil. Fasilitas yang disediakan ada toilet, kamar mandi dan musholla untuk pengunjung. Karena ini wisata air atau biasa orang menyebut Air Terjun Kedung Pedut sebagai waterpark alami, sebaiknya bawa baju ganti dan kenakan sandal yang nyaman, ya!