Foto : alodiatour.com

Selain terkenal dengan obyek wisata pantainya yang fenomenal. Gunung Kidul juga dikenal dengan wisata goa yang indah. Gunung Kidul berada dalam rangkaian Pegunungan Sewu yang memiliki bentang alam unik dan menyimpan berbagai hasil fenomena alam yang cantik seperti sungai bawah tanah hingga goa. Salah satu goa yang menarik perhatian adalah Goa Rancang Kencono. Goa ini merupakan goa vertikal yang berlokasi di Mungguran II, Bleberan, Playen, Gunung Kidul. Cara mudah untuk menuju ke sana adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Dari pusat Kota Jogja kamu bisa menuju ke arah Jalan Wonosari, lalu ke arah Patuk, ikuti jalan hingga sampai ke pertigaan lampu merah Playen. Dari lampu merah ambil jalan ke arah kanan mengikuti jalan utama dan ikuti papan petunjuk menuju ke arah Goa Rancang Kencono. Lokasinya sangat dekat dengan wisata Air Terjun Sri Gethuk.

Nilai Sejarah

Goa Rancang Kencono dipercaya oleh masyarakat sekitar sudah ada sejak jaman purba karena di dalam goa ini pernah ditemukan artefak yang ditaksir usianya sudah ribuan tahun. Naman Rancang Kencono sendiri berarti merancang sesuatu yang mulia. Diberi nama demikian karena dahulu kala goa ini pernah dijadikan tempat persembunyian tentara Kerajaan Mataram guna merancang dan mempersiapkan rencana perlawananan kepada kolonial Belanda.

Untuk memasuki goa ini kamu perlu menuruni anak tangga yang terbuat dari batu yang disusun. Begitu sampai di sana kita akan disambut oleh Pohon Klumpit yang sangat tinggi. Tingginya bahkan melampaui atap goa. Pohon ini menjadi salah satu ikon penting Goa Rancang. Konon pohon ini sudah berusia lebih dari dua abad.

Pohon Klumit ini tumbuh di atas pelataran yang berada di depan mulut goa dan tinggi menjulang menerobos atap goa. Dari dalam goa kita bisa melihat melihat ke atas untuk pemandangan yang cantik. Setelah itu kita melanjutkan menuruni tangga kembali untuk sampai di pelataran goa, di lokasi inilah dahulu tentara Kerajaan Mataram berkumpul menyusun strategi.

Goa ini sangat istimewa, memiliki ruangan lapang yang kira-kira luasnya 20m x 20m dengan tinggi kurang lebih 1 meter. Space yang luas biasanya digunakan untuk lokasi sarasehan, kemping, dan acara kumpul-kumpul lainnya. Walaupun berada di bawah tanah namun ruangan goa tersebut tidak gelap karena mendapar sinar matahari langsung dari atas goa. Tidak banyak ornamen yang bisa ditemukan di dinding dan atap Goa Rancang Kencono iki. Hanya terlihat beberapa stalagtit yang menggantung di langit-langit goa.

Di bagian dalam dari ruangan goa masih terdapat ruangan lain yang ukurannya lebih kecil dan gelap. Untuk masuk kesana kita harus menunduk dan perlu hati-hati karena celahnya yang sempit. Di dalam ruangan kecil itu kita bisa melihat sebuah lukisan bendera merah putih lengkap dengan kata-kata penyemangat. Rupanya lukisan itu sudah ada sejak dahulu kala dan sengaja dibuat untuk menyemangati pejuang kemerdekaan terdahulu.

Fasilitas

Bukan hanya menawarkan wisata berupa goa, di sini kamu juga bisa melakukan aktivitas lain yang seru. Goa Rancang Kencono adalah salah satu tempat favorit untuk kemping dan melakukan aktivitas outbond. Pelataran goa yang cukup luas sanggup menampung puluhan orang. Salah satu kegiatan yang menarik adalah turun ke dasar goa dengan menggunakan bantuan tali dari atas permukaan goa. Selain menyenangkan namun aktivitas ini juga menegangkan.

Fasilitas lain yang tersedia adalah area parkir yang luas, kamar mandi umum, warung, dan pemandu. Di sini selain berwisata alam kamu juga akan diajak berwisata sejarah sehingga sangat disarankan untuk memakai jasa pemandu agar kita mendapatkan insight sejarah terdahulu.

Tiket Masuk

Untuk masuk ke kawasan wisata ini kamu tidak perlu khawatir harga tiket yang mahal. Biaya tiket hanya Rp 10.000, – sudah termasuk dengan tiket masuk kawasan wisata Air Terjun Sri Gethuk. Goa ini paling pas untuk dikunjungi di pagi dan sore hari karena pemandangan dari sinar matahari yang masuk ke goa akan semakin terlihat mempesona. Disarankan juga untuk membawa senter untuk alat penerangan ketika berada di dalam goa.