Foto : dinpar.kulonprogokab.go.id

Kalau kamu berencana untuk liburan ke Kulon Progo ada tempat wisata yang tak boleh sampai terlewatkan. Nama tempat wisata ini cukup unik yaitu Gunung Jaran yang bila diartikan dalam Bahasa Indonesia berarti Gunung Kuda. Tempat wisata ini berdekatan dengan Kebun Teh Nglinggo tepatnya berlokasi di Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo. Walaupun disebut dengan Gunung Jaran namun sebenarnya tempat wisata ini tidaklah berbentuk gunung. Tempat ini berupa bukit yang berada di atas Kebun Teh Nglinggo. Memang di kawasan Pegunungan Menoreh Gunung Jaran masih termasuk bukit yang cukup tinggi sehingga bisa melihat kawasan lain yang lebih rendah lokasinya.

Jarak Gunung Jaran cukup jauh dari pusat Kota Jogja. Kamu membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk sampai ke sini bila lalu lintas lancar. Dari Pusat Kota kamu bisa bisa mulai berjalan menuju ke arah Jalan Godean Ring Road Barat, ikuti jalan hingga menyeberangi Sungai Progo dan tiba di perempatan Kenteng Nanggulan. Dari situ ambil jalan ke arah kanan sampai ke perempatan Dekso yang ada tugunya di bagian tengah jalan. Dari perempatan Dekso ambil jalan ke arah kiri sampai di Pasar Plono yang terdapat papan petunjuk arah menuju Desa Wisata Nglinggo. Ikuti jalan hingga sampai ke kebun teh dan ikuti petunjuk menuju ke Puncak Gunung Jaran.

Akses menuju ke puncak Gunung Jaran sebenarnya sudah cukup mudah. Kamu hanya perlu menaiki anak tangga dari bambu yang aman. Tapi memang perjalanan ke atas cukup panjang jadi kamu harus mempersiapkan fisik yang prima sebelum berangkat. Walaupun memang membutuhkan perjuangan, namun begitu kamu sampai di puncak segala lelah terbayar lunas dengan melihat pemandangan alam yang luar biasa indah. Keringat kita akan tersapu oleh semilir angin pegunungan yang sejuk dan menenangkan.

Puncak Gunung Jaran menawarkan keindahan pegunungan yang masih asri. Dari ketinggian kita akan disuguhkan pemandangan dari Kebun Teh Nglinggo yang terhampar luas. Tentu menarik bukan, kalau biasanya kamu melihat langsung hamparan teh Nglinggo langsung di kebunnya, di sini kamu akan melihat Kebun Teh Nglinggo dari sudut pandang yang berbeda. Tak hanya itu saja, deretan Pegunungan Menoreh juga terlihat jelas dari atas sini. Jika langit sedang cerah kita juga bisa melihat Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Seakan tak ada habisnya, dari puncak pemandangan Pegunungan Kukusan juga terlihat jelas.

Berwisata di pegunungan Menoreh memang tak pernah bisa lepas dari spot selfie. Di Gunung Jaran kamu bisa berswafoto di spot foto yang tersedia tentunya dengan latar belakang pemandangan hijau Pegunungan Menoreh. Kamu tak perlu khawatir bila ingin mencoba berbagai macam gaya foto karena di sini kamu tidak perlu mengelurkan biaya. Pastikan kamu membawa kameramu ya dan jangan lupa baterainya diisi penuh. Salah satu spot selfi yang menarik adalah di gardu pandang. Di sana kamu juga bisa rehat sejenak untuk menikmati camilan atau sekadar bersantai bersama teman.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk datang ke sini sebaiknya datang ketika cuaca sedang cerah. Ketika cuaca sedang hujan akses menuju Puncak Gunung Jaran menjadi licin dan rawan terpeleset. Selain itu, ketika hujan pemandangan di atas juga tidak begitu bagus karena pasti akan terhalang hujan dan kabut.