Foto : pulsk.com

Pantai di Gunung Kidul, Jogja, selalu menyimpan pesonanya tersendiri. Keelokan pantai dan birunya air laut selalu memancing pengunjung untuk berkunjung dan menikmatinya. Tidak kalah dari Pulau Dewata, Bali, Jogja juga memiliki pantai yang asyik untuk snorkeling. Sudah cukup lama hits di kalangan turis, inilah Pantai Nglambor.

Pantai Nglambor terletak di Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Melirik letak geografisnya, Pantai Nglambor ini berdekatan dengan Pantai Siung di sisi baratnya dan Pantai Jogan di sisi timurnya. Jika ditempuh dari Jogja, akan memakan waktu sekitar 2 hingga 3 jam untuk sampai ke Pantai Nglambor dengan jarak 74 km. Jalan menuju pantai ini cukup sulit, bagi yang membawa mobil disarankan untuk parkir di tempat yang sudah disediakan, lalu bisa berjalan kaki hingga sampai ke lokasinya pantainya. Atau bisa menyewa ojek yang siap mengantarkan hingga ke Pantai Nglambor.

Keistimewaan Pantai Nglambor ini terletak pada lokasinya. Pantai Selatan Jogja berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, sehingga menghasilkan ombak pantai yang cukup besar dan disarankan untuk tidak berenang di laut. Namun tidak dengan Pantai Nglambor berkat dua karang besar yang berbentuk kura-kura raksasa yang terletak di sisi depan Pantai Nglambor. Kura-kura raksasa yang dinamai yang Watu Kalong dan Watu Kuntul yang berfungsi memecah ombak sehingga air laut menuju Pantai Nglambor menjadi lebih tenang.

Pantai Nglambor memiliki pasir pantai yang putih dan air laut yang jernih. Aktivitas favorit yang dilakukan di sini ialah snorkeling. Pengunjung bisa membawa snorkel sendiri atau menyewa peralatan snorkeling yang tersedia di Pantai Nglambor. Dengan aktivitas snorkeling ini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam bawah laut Pantai Nglambor. Pengunjung bisa melihat beragam biota laut, ikan hias dan terumbu karang yang cantik. Pengunjung akan dipandu oleh guideΒ untuk snorkeling di area-area tertentu yang aman. Dan tentunya berhati-hati agar tidak menginjak atau merusak terumbu karang.

Jangan lupa abadikan aktivitas berenang atau snorkeling dengan berfoto di bawah air. Pada paket persewaan snorkeling, sudah termasuk foto underwater. Tapi pengunjung juga bisa mengabadikannya sendiri dengan kamera underwater atau waterproof. Pemandangan alam bawah laut yang diabadikan bisa menjadi kenangan manis sebagai pengingat Pantai Nglambor.

Jika pengunjung tidak bisa berenang, jangan khawatir, banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan di Pantai Nglambor. Pengunjung bisa menyusuri pantai dan bermain air di bibir pantai sambil berfoto-foto. Atau memacu adrenalin dengan menaiki bukit dan melihat pemandangan dari atas. Ada pula jembatan gantung yang bisa dilewati untuk menyebrang ke bukit-bukit. Cocok bagi penggemar trekking.

Harga tiket masuk Pantai Nglambor ini bisa dibilang murah. Satu tiket dihargai Rp6.000/orang. Adapun biaya tambahan seperti biaya parkir motor Rp2.000 dan parkir mobil Rp5.000. Jika pengunjung menggunakan jasa ojek untuk menuju lokasi parkir, biayanya berkisar Rp5.000-Rp15.000. Harga penyewaan snorkeling juga bisa dibilang terjangkau. Mematok harga sekitar 50.000 hingga 100.000 per orang, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan bawah laut Pantai Nglambor.

Dengan keelokan dan beragam aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Nglambor, pantas saja pantai ini heboh dibicarakan di mana-mana. Walaupun sudah terkenal dan ramai dikunjungi banyak orang, Pantai Nglambor selalu terjaga kebersihannya. Pemandangannya yang disuguhkan juga sangat cantik dan alami. Fasilitas yang ada pun cukup lengkap dari warung atau tempat makan, toilet, kamar mandi, hingga musholla. Semua fasilitas ini dikelola oleh warga Gunung Kidul sendiri.

Jadi, kapan mengunjungi Pantai Nglambor?