Foto : gpswisataindonesia.wordpress.com

Bagi para pelancong yang merasa bosan dengan wisata yang itu-itu saja, coba pergi ke pinggiran Yogyakarta, tepatnya ke daerah Kulon Progo. Daerah yang khas dengan kuliner Gebleknya ini memiliki banyak sekali opsi wisata untuk menjadi pilihan alternatif liburan. Salah satunya adalah Desa Wisata Banjarsari.

Desa wisata yang secara administrative berada di kelurahan Kalibawang, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo ini masuk dalam list desa wisata terbaik. Tentu saja title tersebut bukan sekedar gelar saja.

Selain disuguhi dengan pemandangan areal persawahan yang sejuk, asri lagi hijau, wisatawan juga diajak untuk berinteraksi langsung dengan warga sekitar, bahkan bisa ikut kegiatan sehari-hari mereka. Misalnya saja membajak sawah, membuat makanan khas Desa Banjarsari, dan tentu saja belajar seni dan budaya asli orang-orang desa. Beberapa seni dan budaya yang menjadi andalan desa ini diantaranya Karawitan, Angguk, Jathilan, serta wayang kulit.

Bagi wisatawan yang ingin merasakan tinggal di desa lebih lama, pengelola Desa Wisata Banjarsari sudah menyediakan fasilitas penginapan berupa homestay yang tentunya dengan tarif yang terjangkau. Selain fasilitas penginapan yang sudah memadai, Desa Wisata Banjarsari juga sudah dilengkapi fasilitas mendukung lainnya seperti ruang meeting, camping area, outbound, dan area pelatihan indoor.