Foto : aseyaindonesia.blogspot.com

Desa Wisata Bathok Santan atau lebih dikenal dengan Kampoeng Bathok Santan merupakan salah satu desa wisata yang ada di Desa Guwosari, kecamatan Pajangan, kabupaten Bantul. Desa wisata yang diresmikan pada tahun 2011 ini merupakan eksportir kerajinan bathok kelapa terbesar di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berbagai macam kerajinan dari bathok atau tempurung kelapa bisa ditemukan disini. Bathok kelapa yang awalnya berserabut, dipoles sedemikian rupa menjadi barang kerajinan bernilai tinggi. Beberapa diantaranya dijadikan peralatan makan seperti piring, mangkok, gelas, mangkok, sendok, garpu dan sumpit, sampai pajangan-pajangan cantik seperti lampu hias dan celengan.

Kerajinan bathok kelapa di desa ini sudah ada sejak tahun 1991 dan merupakan bisnis keluarga turun temurun. Uniknya setiap kepala keluarga yang menjalankan bisnis ini memiliki produk yang berbeda antara satu dengan yang lain.

Selain kerajinan bathok kelapa, satu hal yang tidak boleh terlewatkan saat berkunjung kesini adalah kuliner wader gorengnya yang menggoda lidah. Budidaya dan pengolahan ikan wader disini memang cukup baik. Selain dijadikan lauk-pauk yang disajikan bersama nasi hangat, sambal, dan lalapan, masyarakat sekitar juga membuat cemilan wader crispy yang bisa dijadikan oleh-oleh wisatawan sekembalinya dari Kampung Bathok Santan.