Foto : ringgarentcar.com

Yogyakarta memiliki beragam pilihan wisata yang indah, wisata alam, wisata kuliner, wisata edukasi, dan masih banyak lagi. Saat ini wisata edukasi sedang populer dan banyak menarik minat wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Salah satu bentuk wisata edukasi adalah desa wisata. Tak hanya menawarkan kegiatan yang menyenangkan namun desa wisata juga sarat akan nilai-nilai edukasi. Sehingga selepas berlibur di desa wisata anda tak hanya senang tapi juga mendapatkan pengetahuan baru yang bermanfaat.

Salah satu desa wisata yang populer di Yogyakarta adalah Desa Wisata Brayut. Desa wisata ini terletak kurang lebih berjarak 30 km di sebelah utara pusat Kota Yogyakarta tepatnya di wilayah Desa Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta. Walaupun berada di lereng Gunung Merapi tetapi akses jalan menuju lokasi ini sangat mudah untuk diakses. Desa wisata ini tergolong unik dan berbeda dengan desa wisata kebanyakan. Jika biasanya desa wisata mengandalkan pesona keindahan alam yang dimiliki, Desa Wisata Brayut justru tidak memiliki keunggulan anugerah alam yang bisa dijadikan daya tarik. Namun, jangan berburuk sangka dahulu. Walaupun demikian, tapi desa ini mampu berdiri sebagai salah satu desa wisata yang populer dan banyak menarik perhatian pengunjung. Lantas apa sebenarnya rahasia dari Desa Wisata Brayut ini?

Masyarakat Brayut menyadari betul jika memang desa mereka tidak memiliki pesona alam yang bisa bersaing dengan desa wisata lain. Oleh karena itu mereka berusaha membuat desa wisata dengan mengusung keunggulan di sisi yang berbeda. Salah satu keunggulan yang ditawarkan Desa Wisata Brayut adalah mengemas paket wisata edukasi desa yang menarik dan komplit. Mereka mengusung tema budaya dan pertanian.

Di sini pengunjung akan ditawarkan beragam pilihan wisata edukasi seperti kegiatan bertani. Mulai dari praktik belajar menanam padi, memanen padi, lengkap dengan praktik membajak sawah secara tradisional. Tersedia juga praktik membudiyakan jamur tiram langsung di tempatnya.  Semua itu dikemas menjadi sebuah rangkaian yang menyenangkan pengunjung. Mereka menjadikan kegiatan-kegiatan edukatif terasa menyenangkan.

Selain kegiatan bertani, pengunjung juga ditawarkan wisata edukasi budaya berupa bermain karawitan atau gamelan, kerajinan anyam janur, dan tak ketinggalan belajar membatik secara tradisional. Anda juga bisa menyaksikan pertunjukkan seni tradisional masyarakat setempat seperti Seni Jathilan atau kuda lumping. Beragam aktivitas wisata edukatif di atas dikemas dalam satu paket dengan segala kebutuhan akomodasinya seperti penginapan, makan-minum, bahkan hingga oleh-oleh. Tentu paket wisata yang sudah terpadu ini lebih memudahkan pengunjung.  Tak jarang ketika berwisata kita bingung memikirkan akomodasi, di sini anda tak perlu lagi merasa bingung dan cukup menikmati segala kegiatan yang ditawarkan.

Keunggulan lain yang dimiliki Desa Wisata Brayut adalah keramahan masyarakatnya. Mereka sangat terbuka kepada wisatawan dan selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik. Akan akan sering bertemu dengan masyarakat sekitar yang ramah dan selalu menebar senyum ketika berpapasan. Ini menjadi salah satu alasan mengapa Desa Wisata Brogol sangat populer bahkan hingga ke telinga wisatawan mancanegara.

Fasilitas di Desa Wisata Brayut sudah sangat lengkap, ada ruang pertemuan berkonsep joglo Jawa, homestay yang bersih dan dibangun kental dengan nuansa Jawa, tempat untuk beribadah, aneka sanggar seni, dan toko cinderamata. Yang unik dari homestay di Desa Wisata Brayut ini adalah kita akan diajak menginap di rumah-rumah penduduk. Jadi kita tak hanya menginap namun bisa berinteraksi langsung dengan mereka bahkan bisa merasakan kehidupan harian mereka. Sangat menarik bukan?