Foto : infopublik.id

Kawasan perbukitan Menoreh yang menyimpan begitu banyak potensi alam yang masih alami menjadi daya tarik utama Kulon Progo. Dengan mengenalkan keindahan alam Kulon Progo tanpa mengganggu ekosistem yang ada, desa-desa yang berada di kawasan perbukitan ini pun berlomba-lomba untuk mempromosikan potensi wisata yang ada kepada wisatawan. Salah satunya adalah Desa Wisata “Dekso” Banjararum.

Desa Wisata “Dekso” Banjararum terletak tidak jauh dari pusat Kota Jogja dan Bandara YIA Kulon Progo. Desa ini berada di dataran rendah serta perbukitan. Desa Wisata “Dekso” Banjararum memiliki konsep wisata alam khas pedesaan yang berbasis edukasi.

Desa  Wisata “Dekso” Banjararum memiliki beberapa keunggulan yang bisa menjadi daya tarik wisata. Lokasinya yang berada di kawasan pertanian agropolitan, desa ini dikelilingi oleh areal pertanian yang sangat menyejukan mata. Selain itu, populasi kera ekor panjang yang berada di kawasan Gunung Kelir juga menjadi atraksi wisata bagi wisatawan.

Selanjutnya ada wisata Punthuk Ngepoh yang juga bisa menjadi opsi wisatawa bagi yang menyukai wisata alam. Dari Punthuk Ngepoh, wisatawan bisa menikmati keindahan hamparan persawahan dan pedesaan yang sangat menyejukan mata. Untuk menikmati keindahan yang ada, wisatawan disarankan untuk datang pada pagi hari. Selain udara yang sejuk, wisatawan bisa menikmati sunrise di sekitar Gunung Merapi dan Kota Yogyakarta.