Foto : dinpar.kulonprogokab.go.id

Bagi para wisatawan, wisata yang berada di dataran tinggi masuk dalam alternatif liburan yang tidak boleh terlewatkan. Terlebih bagi orang-orang yang tinggal di perkotaan yang rindu akan udara yang sejuk lagi bersih. Yogyakarta sendiri memiliki beberapa opsi bagi para wisatawan untuk berlibur di daerah pegunungan, salah satunya adalah mengunjungi Desa Wisata Jatimulyo.

Desa Wisata Jatimulyo masuk dalam wilayah kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa wisata yang berada di kawasan pegunungan ini juga dikenal dengan Desa Seribu Kedung. Meskipun hanya ungkapan, namun keindahan telaga alam yang ada di Desa Jatimulyo memang sangat mengagumkan. Desa Wisata Jatimulyo sendiri memiliki 11 telaga alam atau kedung yang dikelola warga sekitar sebagai destinasi wisata.

Beberapa wisata telaga alam yang menjadi favorit wisatawan antara lain Grojogan Sewu, Taman Sungai Mudal, Kedung Pedut, Air Terjun Kembang Soka, Curug Setawing, Watu Blencong, dan Gunung Lanang. Disini, wisatawan bisa bermain air di kolam-kolam alami yang telah ditata oleh pengelola setempat sehingga menjadi sangat indah dan ciamik dipandang mata.

Alternatif wisata lain yang ada disini diantaranya wisata susur goa di Goa Kiskendo atau Goa Sumitro yang dikenal memiliki karakteristik bebatuan unik, Bird Watching (mengamati burung), camping, outbond, dan tentu saja wisata kuliner, mulai dari geblek, sengek, dawet sambel, kopi sulingan, tumpeng dan masih banyak lainnya.