Foto : cnnindonesia.com

Yogyakarta memang tidak pernah kehabisan desa wisata untuk dikunjungi. Setiap desa wisata di Jogja juga memiliki keunikannya masing-masing sehingga wisatawan bisa memiliki banyak opsi mana saja desa wisata yang ingin dikunjungi. Salah satunya adalah Desa Wisata Kajigelem yang berada di Desa Bangunjiwo, kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul.

Wisata Kajigelem sendiri merupakan akronim dari pusat kerajinan di Kampung Kasongan, Kampung Jipangan, Kampung Gendeng, dan Kampung Lemahdadi.

Selama ini Kampung Kasongan dikenal sebagai sentra kerajinan keramik dan gerabah. Dusun Jipangan diketahui sebagai kawasan pusat kerajinan bambu seperti kipas dan berbagai hiasan rumah lainnya. Sedangkan Kampung Gendeng merupakan pusat kerajinan tatah sungging kulit (wayang). Sekarang ini setidaknya ada 25 pengrajin wayang kulit profesional yang sudah dikenal luas oleh para dalang di berbagai daerah. Dan Kampung Lemahdadi yang terkenal dengan kerajinan batu ukir (terakota).

Dengan adanya wisata Kajigelem, wisatawan tidak hanya terfokus di Kasongan yang sudah lebih dulu terkenal, tetapi juga bisa belajar ke sentra kerajinan lainnya yang tidak kalah menarik. Disini wisatawan secara langsung mempelajari dan mempraktekan membuat kerajinan yang diinginkan, bisa itu kipas atau hiasan lainnya dari bambu, gerabah/keramik, patung batu, dan wayang kulit.