Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) mulai beroperasi penuh pada tanggal 29 Maret 2020. Seluruh penerbangan domestik maupun internasional sudah dipindahkan ke bandara YIA yang berjarak sekitar 43 km dari pusat Kota Yogyakarta. Bandara ini terletak di Temon, Kulonprogo yang bisa dijangkau dengan berbagai transportasi darat.
Penumpang dapat memilih transportasi bandara seperti Damri, Satelqu, Taksi argo atau taksi online, kendaraan sewa khusus maupun kereta api untuk menuju YIA atau pun sebaliknya. Penumpang bisa memesan transportasi di counter transportasi yang telah disediakan di area kedatangan penumpang. Untuk transportasi Damri dari kota Yogyakarta, ada beberapa titik keberangkatan yang dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dengan interval keberangkatan setiap 30 menit sekali di Maguwo dan Ambarketawang.
Untuk transportasi Satelqu, ada juga beberapa titik keberangkatan yang melalui 3 rute yaitu rute utara – Bandara Internasional Adisutjipto, Hotel Grand Keisha, Hotel UC UGM, Hotel Pesonna Tugu, Grand Serella, Terminal Jombor, Hotel Amartya, Rest Area Ambarketawang , rute tengah – Bandara Internasional Adisutjipto, East Park Hotel, Grand Mercure Hotel, Swissbel Hotel, Pesonna Tugu Hotel, Rest Area Ambarketawang dan rute selatan – Bandara Internasional Adisutjipto, Jogja Expo Center (JEC), Hotel The Cube, YATS Colony, Rest Area Ambarketawang dengan interval keberangkatan setiap 30 menit sekali di Maguwo dan Ambarketawang yang ditempuh sekitar 2 jam.
Penumpang juga bisa memilih angkutan taksi resmi bandara yaitu Rajawali, JAS dan Pataga juga angkutan premium Taksi Golden Bird. Untuk transportasi online ada sarana transportasi GRAB yang telah resmi beroperasi di YIA yang dapat dipesan melalui aplikasi GRAB. Jika ingin menyewa angkutan sewa khusus ada KSU Putra Palih, Inkoppol dan Jaladipa yang bisa mengantar Sobat Visiting Jogja ke tempat yang ingin kalian datangi termasuk ke tempat wisata yang ada di DIY.
Jika ingin terhindar dari kemacetan, penumpang bisa memilih transportasi KA Bandara dan kereta Prambandan Ekspres dari stasiun Wojo menuju Yogyakarta dan sebaliknya. Penumpang bisa lebih menghemat waktu jika menggunakan transportasi ini. Jadi jangan bingung lagi memilih transportasi menuju YIA ataupun sebaliknya. (San/dna)