Foto : intanpari.com

Perkembangan desa wisata di Yogyakarta memang patut diacungi jempol. Mulai dari yang bertewa wisata seni budaya, wisata alam, wisata edukasi, wisata kuliner, dan yang sedang naik daun adalah wisata outbound.

Di kabupaten Bantul sendiri ada beberapa desa wisata yang menawarkan fasilitas outbound sebagai magnet wisatanya, salah satunya adalah Desa Wisata Kalibuntung yang terletak di Dusun Tangkil, Desa Srihardono, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa wisata ini berada sekitar 23 km dari pusat Kota Yogyakarta.

Suasana pedesaan yang terasa kental dan pepohonan yang menambah sejuk membuat para wisatawan semakin betah untuk berlama-lama bermain di desa Kalibuntung. Aktivitas masyarakat sekitar yang sebagian besar petani pun semakin membuat atmosfer ndeso semakin terasa.

Berbekal potensi yang dimiliki masyarakat setempat, pengelola mampu menyediakan beragam kegiatan outbond. Setidaknya ada 20 jenis kegiatan outbond maupun permainan ketangkasan yang disiapkan oleh pengelola. Ditambah dengan kondisi pedesaan yang cukup asri dan sejuk yang membuat wisatawan merasa nyaman beraktivitas.

Selain outbond, wisatawan juga bisa belajar kesenian desa Kalibuntung, seperti hadroh, jathilan atau kuda lumping, dan beberapa tarian tradisional lainnya. Ada juga aktifitas edukatif seperti membuat telur asin, gerabah, membuat mainan dari janur, dan jika sedang musim tanam pasi, wisatawan bisa menyaksikan bagaimana proses penanaman padi secara langsung.

Wisatawan bisa menuju Desa Wisata Kalibuntung melalui Jalan Parangtritis. Sampai di Jalan Parangtritis km 21, akan ada pertigaan ke arah Pundong, dari pertigaan tersebut ambil arah kiri. Sekitar 2 km akan mendapati balai desa Srihardono, selanjutnya bisa mengikuti petunjuk arah menuju Desa Wisata Kalibuntung.