Foto : travel.detik.com

Yogyakarta merupakan salah satu kota tujuan wisata favorit wisatawan baik itu wisatawan domestic maupun mancanegara. Meskipun luas wilayah Yogyakarta yang tidak begitu luas, tidak membuat Yogyakarta kehilangan ide untuk mengembangkan pariwisatanya. Salah satu wisata yang paling diminati oleh para wisatawan adalah desa wisata.

Salah satu desa wisata yang menjadi favorit wisatawan adalah Desa Wisata Nglinggo. Desa yang masuk dalam wilayah Kabupaten Kulon Progo ini bisa ditempuh kurang lebih 60-90 menit dengan kendaraan bermotor dari Kota Yogyakarta.

Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan saat berkunjung ke desa wisata. Selain merasakan kehidupan pedesaan yang masih tradisional, wisatawan juga bisa belajar berbagai hal langsung dari masyarakat sekitar seperti belajar membuat kuliner lokal seperti gula aren dan geblek, atau belajar kebudayaan tradisional seperti jathilan, Tari Lengger Tapeng hingga membuat topeng.

Alam di sekitar Desa Wisata Nglinggo pun tak kalah seru untuk dieksplor. Diantaranya ada perkebunan the, hutan pinus, dan satu lagi wisata alam yang cukup menantang, yaitu Curug Watu Jonggol. Dikatakan menantang karena untuk menuju curug ini, wisatawan harus melalui medan yang cukup terjal untuk sampai di lokasi. Namun semua itu akan terbayarkan dengan air terjun yang segar serta suasana yang masih asri.

Tidak jauh dari Desa Wisata Nglinggo, ada satu lokasi yang menjadi favorit para pemburu sunrise, yaitu Puncak Suroloyo. Puncak Suroloyo merupakan puncak tertinggi dari perbukitan Menoreh. Wisatawan hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit untuk menuju Puncak Suroloyo.

Bagi wisatawan yang ingin menginap, Desa Wisata Nglinggo telah menyediakan akomodasi yang cukup lengkap. Mulai dari homestay, pendopo pertemuan, hingga paket-paket wisata yang bisa dipilih sesuai budget wisatawan.