Foto : wisatakeyogyakarta.com

Pastinya warga Jogja tidak asing dengan wisata Ayunan Langit Watu Jaran yang berada di Kulon Progo. Tidak hanya menawarkan spot foto dengan pemandangan khas pegunungan yang hijau lagi asri, Ayunan Langit ini juga memberikan sensasi adrenalin bagi para wisatawan. Bagaimana tidak, dengan hanya membayar Rp 30.000 saja, pengunjung bisa menikmati keindahan pegunungan sembari bermainan ayunan setinggi 700 meter. Usut punya usut, ternyata wisata ayunan langit watu jaran ini berada di bawah pengelolaan Desa Wisata Purwosari yang berada di kecamatan Girimulyo, kabupaten Kulon Progo.

Sebagai salah satu desa wisata favorit di daerah Kulon Progo, Desa Wisata Purwosari tidak hanya mengandalkan spot foto sebagai daya tarik utamanya. Ada banyak wisata alam yang bisa dikunjungi di sini, diantaranya yaitu Curug Glimpang dan Goa Kidang Rencang.

Curug Glimpang memiliki bentuk bebatuan air terjun yang unik. Meskipun kolam air terjun tidak terlalu bening, tetapi airnya bersih dan terasa sejuk. Wisatawan bisa bersantai sembari menikmati udara yang sejuk, rindangnya pepohonan, dan gemricik air yang menambah suasana di sekitar curug semakin sejuk. Akan tetapi, untuk mengunjungi Curug Glimpang tidak disarankan pada musim kemarau karena debit air yang semakin sedikit.

Selain bermain air di Curug Glimpang, wisatawan bisa mengikuti tur susur Goa Kidang Rencang. Goa Kidang Rencang memiliki panjang sekitar 350 meter dengan mulut goa berdiameter 2 meter. Disini para wisatawan akan diajak menikmati keindahan stalakmit dan stalaktit yang terbentuk sejak ribuan tahun lalu.

Selain wisata alam yang masih alami, wisatawan juga akan diajak mengikuti workshop gamelan yang dilakukan penduduk desa setempat. Tidak hanya melihat kelihaian mereka memainkan alat musik, wisatawan juga bisa ikut mencoba serta belajar bagaimana memainkan alat musik tersebut lho.